You are My Spring Ep. 03.1

Da Jeong membuka kotak music, memperhatikan foto dan membaca surat yang ditinggalkan Chae Jun. Tertulis di surat, Chae Jun mengaku membunuh tiga orang: Kim Myeong Ja – 2003, Lee Jeong Beom – 2018, dan terakhir Cho Gwang Hun – 2020, di Gedung GuGu. Ia tak menyesal melakukan itu semua.

Da Jeong berjalan tanpa sadar, seolah tubuh terpisah dari jiwanya setelah membaca surat itu.

Tim Jin Bok ke lokasi, dan menemukan identitas korban bernama asli Choi Jeong Min. Young Do mengaku ia mengenal Da Jeong, tetangganya, dan Chae Jun, pasien yang berkonsultasi satu kali.

Di kantor polisi, Da Jeong mengaku tidak ingat tentang foto atau gereja itu, karena hanya datang sekali untuk mengambil buku. Da Jeong benar-benar tidak tahu banyak tentang Chae Jun/Jeong Min. Ia jadi heran, apa artinya Chae Jun tidak pernah ada?

Jin Bok minta kerjasama Young Do untuk mengklarifikasi keterlibatan dirinya. Young Do menjelaskan kalau saat ke klinik, korban datang sebagai warga US dan seolah ingin menunjukkan jati dirinya.  Jin Bok lalu minta Young Do mengantar Da Jeong pulang setelah selesai interview.

Young Do memperhatikan raut muka Da Jeong, mengingatkan akan ibunya saat pemakaman. Seluruh emosi tersedot dari diri mereka, tanpa kesedihan atau kemarahan. Sampai tak tersisa udara untuk bernafas, dan tak bisa mendengar suara apa pun.

Young Do berjalan menghampiri Da Jeong. Banyak yang ingin diutarakan, tapi semua ia pendam dalam hati. Yang pasti, Young Do berniat terus mendampingi Da Jeong melalui semua itu. Ia lalu mengajak Da Jeong makan sebelum pulang ke Gedung GuGu.

Eun Ha merasa sangat bersalah telah mendorong Da Jeong menerima cinta Chae Jun. Mereka menunggu Da Jeong di luar Gedung. Young Do yang memanggil mereka, karena dalam kondisi ini, Da Jeong sebaiknya tidak sendiri.

Rupanya, Da Jeong berpikiran sama. Ia menyuruh Cheol Do menemani Young Do, dan tidak menerima penolakan dalam bentuk apa pun. Young Do mau tak mau pulang bersama Cheol Do.

Baik Da Jeong mau pun Young Do, sulit tidur malam itu dan sama-sama meminum obat pencernaan. Sebaliknya, Eun Ha dan Cheol Do, tertidur dengan sangat nyenyak.

Esok hari, Young Do memperkenalkan sahabat karibnya Seo Ha Neul, pada Cheol Do. Ha Neul penasaran, siapa gadis yang menarik perhatian sahabat karibnya, saat Da Jeong berjalan dan mengangguk pada Young Do.

Da Jeong kembali membelikan kopi dan mengajak Young Do pergi ke Gangneung. Eun Ha dan Cheol Do berdiri melihat Young Do lekat-lekat. Young Do langsung tahu, mereka khawatir kalau Da Jeong pergi sendiri. Hanya Young Do yang mereka percaya & bisa mintai tolong.

Setelah saling mengejek, Young Do sebagai rakun yang kurang tidur dan Da Jeong sebagai kelinci yang cerewet, mereka beradu Kai Bai Bo (gunting, batu, kain) untuk penggunaan mobil. Kali ini Young Do menang.

Jin Bok terus mempelajari dokumen Jeong Min berulang kali. Park Ho sudah meneliti, orang tua Jeong Min sudah meninggal dan tak punya saudara. Sung Joon melapor tidak ada sidik jari lain. Jin Bok menyuruh Sung Joon mempercepat penelitian kamera mobil.

Jin Bok merobek banner permintaan informasi pembunuhan Jeong Beom dan berziarah ke makam Jeong Beom. Ia tidak yakin Jeong Min adalah pembunuh Jeong Beom. Kalau benar, ia berharap Jeong Beom memastikan dengan datang ke mimpinya.

Da Jeong menjadi banyak bicara. Menurut analisa Young Do, itu karena Da Jeong merasa tak nyaman, merasa bersalah karena membiarkan Young Do menyetir. Young Do tak keberatan dengan semua itu. Mereka kembali saling meledek.

Lalu, giliran Young Do yang menjadi banyak bicara. Karena teman karibnya, Cheon Seung Won, menelpon lalu bergosip tentang banyaknya wanita yang memuja Young Do. Da Jeong membalikkan semua ucapan Young Do dan tak berhenti meledeknya.

Bersambung

Komentar aku: Oh? Sejak kapan pembunuh serial (dengan membunuh pas 3x agar bisa disebut sebagai pembunuh serial, tapi limitasi itu lalu direvisi karena bisa saja pembunuh serial hanya membunuh 2x lalu tertangkap) bunuh diri sebelum sempat dikejar polisi dan/atau ada dalam penjara/RSJ? Mungkin ada. Kalau begitu, apa motifnya? Karena Chae Jun mengaku tak menyesal membunuh.  Yang pasti, aku suka melihat Young Do bisa memposisikan diri dengan baik, sebagai teman/psikiatris dari Da Jeong. Just be there, be a quiet ear to listen, be a strong pilar to lean on. No judgment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: