You are My Spring Ep. 01.2

Da Jeong memimpin rapat dengan tegas. Ia tidak ragu-ragu memberikan kritik, tapi juga tak ragu meminta pendapat dari tim. Saat berkeliling, ia terluka karena seserpih sampah yang ia ambil. Ia bertanya-tanya berapa kali sudah ia melemparkan diri ke dalam sampah hubungan asmara?

Di perjalanan pulang kerja, Da Jeong berpikir, seolah mereka-ulang masa kecil, ia berpacaran dengan pria pemabuk yang menyalahkan Da Jeong, bahkan membanting gelas minum yang ia bawakan. Seakan, ia terus membangunkan Da Jeong kecil, yang hanya ingin tidur dengan tenang.

Di halte bis, Chae Jun berdiri menunggu. Tanpa basa-basi, Da Jeong bertanya, apa Chae Jun terlibat dengan: alcohol, obat, berbohong, selingkuh, berlaku tak senonoh, menghilang tanpa khabar dan kekerasan? Terlihat seolah Da Jeong berbicara seorang diri.

Chae Jun dan Da Jeong lalu pergi minum bersama. Chae Jun bercerita tentang kenangan masa kecil yang membuatnya bahagia, memakan jeruk manis sambil menonton TV saat musim salju. Persis seperti yang dilakukan keluarga tetangga yang dilihat Da Jeong dulu.

Setiba di unit, Da Jeong menelpon Mi Ran, mereka bercanda. Mi Ran lebih suka diberi tas bermerk daripada jeruk dan puisi. Da Jeong lalu bercerita kalau pria yang menyukainya juga memiliki kenangan mirip seperti Da Jeong.

Ahn Ga Yeong, artis dan bekas istri Young Do, datang ke klinik. Sikapnya arogan dan aneh. Young Do menyikapi dengan santai, ia kenal Ga Yeong dengan baik. Young Do juga tahu Ga Yeong menggandakan dosis obat tidur, tapi ia tetap menolak menjadi dokter untuk Ga Yeong.

Da Jeong kaget melihat Ga Yeong dan mulai bergosip dengan Eun Ha. Eun Ha dan Cheol Do berusaha membuat Da Jeong diam, karena Young Do sedang ada di café mereka.

Bu Oh Mi Kyung melempari Young Do dengan garam, membuang sial yang tersisa dari kunjungan Ga Yeong. Ia mengancam akan berhenti bekerja kalau Young Do tidak membuang pohon jeruk pemberian Ga Young.

Suara lagu yang diputar Da Jeong terdengar sampai kantor Young Do. Tak lama lagu itu berhenti. Tapi, setelahnya, air mulai menetes, ada kebocoran dari unit Da Jeong. Young Do memberi tahu Cheol Do. Cheol Do akan memeriksa setelah Da Jeong pulang.

Da Jeong pergi ke taman depan toserba dan bertemu Chae Jun. Young Do melihat dari jauh dan memperhatikan nomor mobil Chae Jun. Da Jeong tiba-tiba marah karena Chae Jun melihat layar laptop yang ia bawa tanpa izin. Young Do menengahi, dan mengajak Da Jeong pulang dengan alasan kebocoran air.

Young Do bersikeras menyalakan shower, padahal Da Jeong lebih suka memanggil tukang.  Akibatnya, tongkat shower patah. Da Jeong hanya bisa memandang kesal pada Young Do yang berjanji akan memberikan ganti.

Di klinik, seorang pasien memaksa bertemu Young Do, meski tanpa janji temu. Pasien itu kesal karena Young Do memata-matai dirinya. Young Do berkilah, yang sebenarnya terjadi justru sebaliknya. Young Do berdiri dan berhadapan dengan Chae Jun.

Chae Jun sengaja berpura-pura menjadi pasien, karena apa pun yang ia katakan akan terjaga sumpah dokter. Chae Jun berterus terang kalau ia menyukai Da Jeong, dan mulai tertawa. Berkas diagnose dokter pada Chae Jun, menyebutkan tiga hal: tidak berkedip, topeng kewarasan, dan antisocial personality disorder.

Young Do lalu pergi ke kantor polisi, ia membaca lagi berkas kasus pembunuhan Jeong Beom,  tahun 2018 dan meminta berkas pembunuhan terbaru. Ia yakin pelaku akan selalu kembali ke tempat ia melakukan kejahatan.

Setiba di Gedung GuGu, Young Do melewati Da Jeong yang menolak permintaan Chae Jun untuk ikut naik ke unit. Tak lama, Young Do menemui Da Jeong di rooftop, memberikan pegangan shower dan tanaman jeruk.  

Da Jeong minta maaf karena bergosip tentang Young Do – Ga Yeong. Da Jeong baru sadar kalau ia mengatakan semua itu pada Eun Ha, tidak langsung pada Young Do. Young Do menerima permintaan maaf asal Da Jeong bersedia merawat tanaman jeruk. Da Jeong menolak, ia selalu membunuh tanaman.

Young Do mulai menganalisa penyebab perilaku itu. Da Jeong mulai kesal, tiba-tiba Young Do meminta agar Da Jeong tidak membalas cinta Chae Jun.  Da Jeong mengaku ia tidak berniat.  Young Do merasa lega dan pamit, diiringi protes Da Jeong.

Young Do turun dari rooftop, melihat mobil Chae Jun masih terpakir di depan gedung. Ia masuk ke kantor, membaca berkas polisi. Young Do sadar, pembunuhan itu terjadi di kantornya. Ia juga sadar, siapa yang seolah kembali ke tempat kejahatan terjadi, Chae Jun.

Ia melihat ke kaca, teringat apa yang dulu ia lihat. Young Do bergegas turun mencari Chae Jun. Mereka berdiri berhadapan. Young Do meminta Chae Jun berhenti menemui Da Jeong. Pembicaraan mereka terhenti karena kedatangan Da Jeong.

Chae Jun berbisik pada Young Do, kalau Da Jeong lah wanita itu. Young Do balik berbisik, memanggil Chae Jun sosiopat. Chae Jun menghentikan langkahnya.

Bersambung

Komentar aku: huhuhu… adegan awal, di mana Da Jeong menghadapi Young Do dan berkata kalau dari awal ia (Chae Jun) tak pernah ada. Lalu adegan di mana seolah Da Jeong berbicara seorang diri, padahal ia bersama Chae Jun, atau bisa jadi Chae Jun sudah berjalan lebih dulu. Tetap kedua adegan itu membuat aku bertanya-tanya… Jadi, siapa yang teman/stalker imaginary? Apakah Young Do atau Chae Jun?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: