Sell Your Haunted House Ep. 16.2

Mereka semua mengkhawatirkan Ji A yang tidak juga keluar dari kamarnya. Ji Cheol menyarankan bagaimana kalau In Beom kerasukan arwah Mi Jin lalu menusuk dirinya sendiri dengan binyeo? Hwa Jung menukas, exorcism yang dilakukan oleh non-exorcist akan membunuh si medium. Oh, okay…

Mereka kaget melihat Ji A turun dengan dandanan lengkap, ia mengajak mereka semua makan.

Ji A mengaku, itu murni kesalahannya menganggap enteng prosedur penyegelan arwah. Tapi, ia tak menyesal. Hak Sung wajib dihukum seberat-beratnya. Ji A juga yakin kemampuannya akan kembali, mereka berjanji akan membantu.

Ji Cheol – In Beom mengadaptasi bebas ilmu silat: Iron Palm, memasukkan tangan ke dalam garam panas. Tidak akan pernah terjadi. Hwa Jung menyiapkan semeja makanan. Ji A menghabiskan, Hwa Jung senang, setidaknya bukan kesehatan Ji A yang bermasalah. Akhirnya, In Beom mencoba menghipnotis Ji A. Tapi, yang terhipnotis malah Ji Cheol.

In Beom menemani Ji A duduk di taman. Dulu, Ji A selalu berharap ia tak punya kemampuan itu. Sekarang, setelah kehilangan Ji A merasa tak utuh. Tapi, Ji A tidak akan depresi, ia percaya ia akan bisa mendapatkan kemampuannya kembali dan mengantar arwah Mi Jin berpulang.

Ibu pemilik resto ChangHwa datang membawakan banyak makanan. Ia benar-benar berterima kasih pada tim Daebak. Perkataan ibu pemilik mengingatkan Ji A kalau arwah Chang Hwa bisa pulang karena ibu pemilik merelakannya. Ji A akan mencobanya, terutama setelah mengantar telur arwah pulang, meski tidak menyetujui keputusan Mi Jin, Ji A benar-benar bisa mengerti.

Hwa Jung memberi dukungan dan semangat, ia yakin, Ji A akan mampu.

Ji A menyiapkan kertas bertulis nama Hong Mi Jin, dupa dan In Beom. Ia menutup matanya dengan kain hitam dan meminta In Beom menarik kalungnya. Arwah Mi Jin merasuki In Beom dan menggenggam tangan Ji A. Ji A memeluk erat ibunya.

Mi Jin tidak marah, ia senang bisa melihat Ji A tumbuh dewasa. Ia titip maaf pada In Beom, In Beom tidak bersalah. Dan, sekarang sudah waktunya Mi Jin pulang. Mi Jin tahu, Ji A tak kan sendirian, Ji A dikelilingi mereka yang menyayangi Ji A. Mi Jin juga bangga akan kemampuan Ji A menolong orang. Ji A tersenyum, ia bahagia Mi Jin tidak akan pernah kedinginan lagi.

In Beom berlutut, ia telah sadar. Binyeo pun terbakar habis. Ia menghampiri Ji A, melepas penutup mata dan memeluk Ji A yang menangis tersedu-sedu. Sebelum pergi, arwah Mi Jin menampakkan diri pada Hwa Jung, minta maaf merepotkan Hwa Jung, dan berterima kasih telah menjaga Ji A dengan sangat baik.

Esok harinya, In Beom mengajak Ji A pergi berdua.

Episode: Ji A kehilangan Kemampuannya

In Beom mengajak Ji A ke Happiness Hall, rumah abu tempat guci abu Mi Jin disimpan. In Beom juga tak lupa membawakan bunga. In Beom menyarankan kalau Ji A kangen pada Mi Jin untuk datang ke sini, meski Ji A tahu arwah Mi Jin sudah berpulang, itulah yang orang biasa lakukan.

Sekarang, setelah Ji A punya kesempatan untuk memilih, Ji A telah memutuskan, ia ingin menjadi exorcist yang handal. In Beom juga punya, tapi rahasia. Ji A mengaku tak ingin tahu. Hwa Jung kesal, kenapa kesempatan berdua tidak digunakan Ji A untuk mengucapkan selamat tinggal? Berkelana untuk bisa mendapatkan kemampuannya kembali, tanpa tahu kapan akan pulang, perlu pamit.

Hwa Jung lalu berdandan, Ji A nyeletuk, sepertinya Hwa Jung akan berkencan, apakah dengan Det. Jung? Mata Hwa Jung melebar dan membantah, ia tak pergi berkencan! Hwa Jung mengunci Daebak Realty, ia mengucap salam pada Ji Cheol dan In Beom. Kali ini, tidak ada satu lampu pun yang tiba-tiba menyala di Daebak Realty, ia diam dengan tenang, menunggu para penghuninya berkumpul kembali.

1 Tahun Berlalu

Ji Cheol menghormat pada seorang ibu, ia telah menghapus semua hal yang berhubungan dengan putri si ibu di internet, termasuk social media dan transaksi keuangan. Ji Cheol berteriak saat Soo Jung memberi tahu ia lulus menjadi polisi dan mengajak berkencan esok hari.  

Sebuah banner bertuliskan pembatalan relokasi wilayah terpampang di depan Daebak Realty. Restoran Changhwa pun beroperasi kembali. Pengunjung memuji Tae Jin sebagai anak yang berbakti membantu orang tuanya, ibu pemilik restoran tersipu dan mengiyakan.

Hwa Jung dan Det. Han Suk merayakan kenaikan jabatan Det. Jung menjadi direktur polisi. Ji A akhirnya pulang ke Daebak Realty. Ia mendengar suara, rupanya In Beom. Ji A hanya menunjukkan telapak tangan, saat In Beom menanyakan kemampuan psikisnya.

Seorang pria turun dari mobil mewah, masuk ke Daebak Realty. Ji Cheol menawarkan kopi atau teh; Hwa Jung menenangkan pertanyaan-pertanyaan mereka adalah formalitas untuk bisa menggunakan jasa Daebak Realty; In Beom berbalik dari kursinya ingin tahu, apa bangunan si bapak mengalami malfungsi listrik-elektronik?; Ji A tanpa basa-basi menutupnya dengan gong: apakah ada kematian di bangunan itu?

Ji A dan In Beom berdiri di depan bangunan tua. Hwa Jung mengingatkan mereka agar tidak memecahkan atau merusak barang-barang antik bersejarah yang ada di bangunan itu. Terakhir kali mereka melakukan exorcism, biaya penggantian barang melambung tinggi, terasa menyakitkan membayarnya.

TAMAT

Komentar aku: 4.8*/5*. Cerita: OK dan penokohan kuat & konsisten, pengembangan diri pun ada, bahkan begundal seperti Tae Jin. Tragedi-tragedi yang menyebabkan properti berhantu, meski bukan cerita baru, bisa diolah dengan baik, karena benar-benar bisa terjadi. Misal: Dream Officetel: menarik bahwa tokoh Young Do digambarkan berbeda 180° dari Woo Jin, termasuk akhir hidup mereka. Meski Woo Jin marah karena ia ditarik jatuh, itu lebih karena ia tidak bisa memberi paket untuk ayahnya. Sementara, Young Do tetap menyalahkan kondisi/orang lain untuk kejahatannya.

Sutradara: OK. SFX: untung begitu, kalau lebih bagus, aku bisa tidak tidur selama series diputar. Tapi, SFX untuk binyeo yang meretak terbakar saat exorcism, itu keren.

Pemain: Jang Na Ra top notch (Jang Na Ra mengusung nilai 5*), Jung Yong Hwa herannya bisa masuk dengan baik dan luwes memerankan Oh In Beom!, surprise! Aku juga suka pada Baek Hyun Joo, ibu pemilik restoran! Ibu pemilik yang eksentrik, jadi mata-mata Daebak, tanpa basa-basi, tapi hatinya baik. Juga, cameo Kim Mi Kyung,  CEO Yeom dan Park Sung Il, hiiii… berhasil menjadi pemilik resto cepat saji yang berubah menjadi psikopat saat meneror Soo Jung dan Hyun Ju. Aku tidak berhenti gemetar saat ingat dia keluar dari kantor polisi dengan muka datar dan benar-benar tidak merasa bersalah, malah yakin bisa membuat Soo Jung bahagia. Whoa… psikopat tingkat tinggi.

Komedi: bisa membuat aku senyum simpul dan tertawa. Dan, yang juga menambah nilai: romansa yang tidak dipaksakan. Yup, baik Ji A – In Beom, atau Hwa Jung – Det Jung atau Det Han Suk? (kekeke…), berjalan mengalir saja dan bukan menjadi prioritas utama drama ini. SUKA! Yang paling jelas hubungannya malah Ji Cheol – Soo Jung. Itu juga aku suka, karena Ji Cheol tidak langsung memaksakan menjadi pacar Soo Jung, meski secara teknis mereka berpacaran di dunia maya, tapi waktu pertama kali bertemu dan waktu Soo Jung butuh teman / tempat untuk tinggal, Ji Cheol tidak memaksakan diri.  Thank you all for the good times I have with Sell Your Haunted House!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: