Doom at Your Service Ep. 05.2

Episode 5: Kenapa Dia Berbuat Itu?

Myeol Mang terus menirukan ucapan dan tindakan Dong Kyung, pun saat mereka makan siang bersama. Saat pulang Dong Kyung berkomentar, anak TK pun tidak belajar meniru seperti itu.  

Myeol Mang lalu menggeser Dong Kyung ke depan seorang wanita yang akan turun, membuat Dong Kyung bisa duduk. Dong Kyung terpana sekaligus senang. Myeol Mang bisa ‘membaca’ kalau Dong Kyung lelah.

Myeol Mang terus memperhatikan Dong Kyung, membuat Dong Kyung tersipu. Ia mengalihkan dengan membaca web novel terbitan Life Story. Celetukan Myeol Mang menyadarkan Dong Kyung, web-novel Young Prince meloncat dari jilid 93 ke 96. Myeol Mang tahu, pasti akan jadi bencana besok di kantor. Muka Dong Kyung menegaskan hal itu.

Ji Na tersenyum membaca komen Dong Kyung. Tapi, komentar di web untuk novel keduanya penuh dengan kritikan, karena semua tema novel Ji Na serupa. Ji Na menyalahkan Hyun Kyu.

Hyun Kyu menyapa Joo Ik, tapi Jook Ik bersikap acuh. Hyun Kyu menjadi kesai dibuatnya dan merebut tablet Joo Ik, membaca web-novel Ji Na. Ia heran kenapa penulis masih terobsesi pada pria yang menyebalkan seperti tokoh pada novel itu. Joo Ik memandang tajam.

Benar saja, esok harinya seluruh staff Life Story kena marah Chang Sin. Sebelum Da In mengakui kesalahannya, Dong Kyung mengambil alih. Chang Sin menyuruh Dong Kyung segera membujuk Young Prince. Dong Kyung tahu, ia juga ada salah karena sebelumnya Joo Ik telah mengingatkannya. Ia membesarkan hati Da In, mereka berdua bisa belajar dari kesalahan dan menjadi lebih baik.

Dong Kyung berusaha membujuk Young Prince dengan mentraktir makan mewah. Young Prince minta ditraktir Yeopgi Tteokbokki. Dan, mereka memasuki warung Tteokbokki yang dikelola Myeol Mang. Young Prince benar-benar membuat Dong Kyung harus berusaha keras untuk bisa menyenangkan hatinya.

Itu membuat Myeol Mang kesal dan menolak semua permintaan Young Prince. Dong Kyung buru-buru melerai dan berlari keluar untuk membeli semua permintaan Young Prince. Myeol Mang membanting kursi di depan Young Prince. Young Prince membalas dengan acuh dan ketus lalu pulang.

Young Prince setuju memaafkan Life Story dan minta jangan diganggu, ia sedang pakai masker. Dong Kyung berseru kesal. Myeol Mang muncul di sampingnya dan tertawa. Seharusnya Dong Kyung mengundurkan diri saja dari kantor bak penjara itu. Dong Kyung setuju, ia terkadang sulit bernafas, tapi itu adalah tanggung jawabnya.

Bagi Myeol Mang, akan lebih mudah kalau Dong Kyung minta kekayaan. Dong Kyung menolak, semua orang punya cerita sedih dan beban yang harus dipikul, meski kadarnya berbeda. Myeol Mang lalu menutup mata Dong Kyung. Beban yang terpancar dari mata Dong Kyung terlihat sangat berat. Saat membuka mata, mereka berada di tepi laut. Sepertinya, Dong Kyung perlu beristirahat sejenak.

Dong Kyung bercerita, ia selalu pergi ke tepi laut, setiap kali ada hal yang membebani hatinya. Dong Kyung tidak ingin orang tahu ia menangis. Myeol Mang mengulurkan tangan, ingin mengelus kepala Dong Kyung tapi ia batalkan.

Melihat Myeol Mang yang tersenyum lembut padanya, Dong Kyung serasa ingin mencium Myeol Mang. Tapi, sewaktu Myeol Mang menunduk dan hendak menciumnya, Dong Kyung mengelak. Myeol Mang tersenyum dan berpura-pura seolah Dong Kyung tak mengajaknya berciuman.

Dong Kyung mencoba meredakan debaran hatinya dan sedikit kesal pada dirinya sendiri. Ia menjedutkan kepalanya di meja kerja. Joo Ik berkomentar, itu tak kan cukup untuk merusak meja.

Joo Ik pergi menemui Ji Na, memberikan proposal untuk kerja sama personal eksklusif mereka. Joo Ik melihat dandanan Ji Na dan tahu, Ji Na akan pergi ke reuni dan bertemu Hyun Kyu. Joo Ik melarang, yang Ji Na perlukan sekarang adalah tokoh pria baru. Joo Ik juga tahu, Ji Na ingin ke reuni bukan untuk balas dendam, tapi karena tak sanggup melupakan Hyun Kyu.

Malam ini, Dong Kyung meminta ikut Myeol Mang pergi bekerja dan tak mau pegangannya pada ujung mantel Myeol Mang. Mereka duduk di bukit, memperhatikan upacara tradisional pernikahan di desa. Tugas Myeol Mang adalah memperhatikan hal seperti itu, dan ia tahu, satu saat tradisi pun akan berakhir.

Myeol Mang menyetujui pendapat Dong Kyung. Apa yang hilang biasanya adalah hal-hal yang indah. Indah dan sedih. Dong Kyung menambahkan seperti itulah Myeol Mang, sebuah supernova. Kematian bintang yang bersinar indah untuk mempersiapkan kelahiran bintang baru.

Myeol Mang menolak dihibur, itu takkan pernah berhasil. Meski begitu, Myeol Mang tersenyum.

Dulu Myeol Mang merasa ia salah memilih Dong Kyung, tapi tidak lagi. Karena itu, Myeol Mang minta bersediakah Dong Kyung mencintainya? Menjadi manusia pertama yang mencintai malaikat maut.

Sebuah bintang jatuh melintas di depan mereka.

Bersambung

Komentar aku: Hmm… episode ini agak tidak konsisten dengan penokohan Myeol Mang. Jadi, kalau benar dia mengikuti Dong Kyung dari awal, seharusnya Myeol Mang tahu, uang adalah jalan keluar mudah yang tidak pernah diinginkan Dong Kyung, dan sudah pernah ditolak oleh Dong Kyung.  

Di sisi lain, aku suka penokohan Dong Kyung yang kuat dan beruntung drama ini mendapatkan Park Bo Young, Seo In Guk dan Lee Soo Hyuk. Mereka bertiga bisa menghidupkan peran dengan baik. Juga, sutradara berhasil mengarahkan dan mengangkat banyak momen tepat dan emosi wajah yang pas. Bagi aku, drama ini masih sangat menghibur dan cerita mitos Hades & Persephone sangat membantu untuk mengerti jalan cerita yang ingin disampaikan penulis. Mudah-mudahan terus membaik, cross my fingers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: