Doom at Your Service Ep. 01.1

Dr. Dang Myun menyatakan Dong Kyung menderita multifocal glioblastomas, sejenis kanker otak, dan perlu dilakukan biopsi. Dong Kyung tidak yakin ia bisa mengambil cuti, karena sudah terlalu sering diambil. Dan Myun menjelaskan dengan pembedahan, penderita bertahan setahun, tanpa bedah, hanya 3-4 bulan. Ia menyerahkan keputusan pada Dong Kyung.

Dong Kyung mengeluarkan proposal event publikasi web novel Dr. Yeomna yang ia buat dan memberi semangat pada dokter untuk berusaha menepati tenggat waktu penyerahan novel. Dong Kyung berterima kasih dan pamit.

Dong Kyung berjalan seolah dalam mimpi. Ia nyaris terjatuh kalau tidak ditahan oleh Myeol Mang yang berjalan melintas. Myeol Mang memasuki UGD, mulai menghitung mundur. Dihitungan 1, tenaga medis dan polisi sibuk membawa masuk korban-korban penusukan oleh pelaku yang mengamuk lalu mencoba membunuh diri.

Myeol Mang menghipnotis perawat dan menyuruhnya menutup tirai. Myeol Mang memanggil arwah si pelaku kembali dan menyembuhkan sayatan yang hampir memutus leher. Myeol Mang mengutuk si pelaku yang mencoba mengambil alih pekerjaannya dan menyuruhnya menjalani apa yang lebih buruk dari kematian: kehidupan si pelaku.

Myeol Mang menemui SoNyeoShin yang sedang memperhatikan tetumbuhan. SoNyeoShin menerangkan apa yang ia kerjakan: menabur, merawat dan menuai jiwa yang ia tuang ke bumi. Ada yang tumbuh subur, atau bahkan langsung mati kering. Ada yang menjadi obat atau racun. Kalau ada yang membunuh yang tumbuh di sekitarnya, apa itu kesalahan SoNyeoShin?

SoNyeoShin menjelaskan kalau Myeol Mang bertugas seperti kupu-kupu bagi bunga di kebunnya, untuk selamanya. Myung Mang merasa itu takdir yang terlalu kejam, apalagi ini hari ulang tahunnya. SoNyeoShin menukas, Myeol Mang tidak pernah dilahirkan dan bukan manusia, ia tak berhak berulang tahun. Perkataan SoNyeoShin membuat Myeol Mang mengutuk semua bunga.

Dong Kyung menerima telpon dari pacarnya, Jo Dae Han, meminta bertemu segera. Di café, Dong Kyung bertemu dengan istri Dae Han. Ia menyalahkan Dong Kyung sebagai perempuan perebut suami orang.

Dong Kyung benar-benar tidak tahu Do Han telah beristri. Tapi, si istri terus melampiaskan amarah dan kecurigaanya. Dong Kyung berdiri, mempersilahkan si istri untuk terus menyalahkannya daripada hidup dengan kenyataan bahwa Do Han adalah penyeleweng. Si istri yang hamil berteriak kesakitan.

Dong Kyung mengantarnya ke RS. Si istri stress, tapi akan baik-baik saja. Si istri mengajak Dong Kyung bicara. Si istri akhirnya mengakui kebenaran ucapan Dong Kyung. Dong Kyung minta agar si istri tak khawatir, usianya tinggal 3 bulan lagi. Ia benar-benar berharap Do Han dan istri hidup bahagia bersama.

Dong Kyung tidak menyangka, istri Do Han menjadi orang pertama yang ia beri tahu tentang penyakitnya.

Park Chang Sin, CEO Life Story, memarahi Dong Kyung karena datang terlambat. Ia menganggap alasan kesehatan hanya bohong belaka. Ia bahkan memutar kencang suara video pertengkaran Dong Kyung yang viral di sosmed. Sampai akhirnya kesabaran Dong Kyung habis, membentak Chang Sin dan pergi, memutuskan sekalian meliburkan diri hari ini.

Dong Kyung melihat komentar tentang dirinya, semuanya buruk. Ia menerima text, memperingatkan pria di depannya merekam Dong Kyung. Dong Kyung menegur dan mengejar si pria. Tak jauh dari situ, Myeol Mang masuk ke dalam mobil. Starter diputar, bam! Beberapa mobil di depannya bertabrakan. Ia mengambil rokok dan menyalakan pemantik, klik! Sebuah lubang tiba-tiba menganga menelan si pria. Dong Kyung terpana.

Myeol Mang pulang ke rumah. Ia benar-benar kesal, apa bagusnya manusia dibanding dirinya? Dan memecahkan sebuah guci, manusia-manusia yang tidak berarti.

Hujan deras turun, Dong Kyung satu-satunya yang tak berpayung. Ia menertawakan dirinya, apa lagi yang akan menimpanya? Seolah menjawab pertanyaannya, adik Dong Kyung, Tak Sun Kyung, menelpon untuk meminjam uang. Sun Kyung tak peduli ini hari peringatan kematian orang tua mereka. Ia sibuk bermain games bersama teman-temannya di Jeju.

Baju-baju yang Dong Kyung cuci dan jemur, semua basah kuyup, seperti Dong Kyung saat tiba di rumah. Ia mendesah. Tidak bisa menangis seperti sudah menjadi bagian dari dirinya. Dong Kyung makan sambil melihat foto almarhum orang tuanya.

Keluarga orang tuanya tidak menginginkan mereka, bahkan ingin menaruh mereka di panti asuhan. Itu yang ia dengar sendiri di hari pemakaman orang tuanya. Sejak hari itu, Dong Kyung tak bisa lagi menangis. Semua air mata pastinya mengumpul dan membentuk tumor di otaknya, setidaknya itu yang Dong Kyung rasa.

Bersambung

Komentar aku: Myeol Mang adalah malaikat bencana dan kematian? Agak bingung juga dengan jabatan/peran dan ‘tukang kebun’ seperti SoNyeoShin atau ungkapan kalau Myeol Mang adalah ‘kupu-kupu’. Bukannya kupu-kupu itu menyerbuk bunga atau menghisap madu bunga? Apa hubungan kupu-kupu dengan bencana dan kematian? Sepertinya ada hilang dalam konteks/terjemahan (lost in translation).

Mengutip dari artikel Bad Luck Comes in Trees: Matches, Murderers or Mathematics (Ketidak beruntungan dalam Tiga: Pemantik, Pembunuh atau Matematik (https://folklorethursday.com/folklife/bad-luck-comes-threes/)  memang ada yang disebut nasib buruk atau kematian datang dalam tiga: seperti, kalau berfoto bertiga, maka akan ada kematian di salah satu dari ketiga orang itu. Sementara, aku anggap saja Myeol Mang adalah malaikat maut dan bencana.

Park Bo Young, boleh aku peluk, tidak? Melihat karakter Dong Kyung, sepertinya aku akan dikejar sampai ke ujung dunia lalu dihajar. Kekeke… Sekali lagi, Bo Young memainkan peran yang kuat, beruntung tidak membawa kekuatan dari peran sebelumnya. Ha! Episode awal yang kuat juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: