Beyond Evil Ep. 11.1

21 tahun yang lalu saat penghormatan almarhum ayah Dong Sik, chief Sang Bae berjanji akan berusaha sekuat tenaga agar Dong Sik bisa bernafas lega kembali, menjadi polisi handal dan menemukan jenazah Yu Yeon. Tapi, 21 tahun kemudian, Dong Sik juga lah yang harus mengantarkan chief Sang Bae berpulang.

Joo Won memberikan penghormatan terakhir. Dong Sik hanya terdiam, menatap Joo Won dengan penuh duka.

Dong Sik ingat, dulu setelah kematian Sang Yeob dan ia menjadi depresi, chief Sang Bae juga yang mengurusi dirinya. Chief Sang Bae menyuruh Dong Sik hidup sebaik-baiknya menggantikan kehidupan Sang Yeob yang hilang, sekaligus tidak berhak memutus hidupnya sendiri. Chief Sang Bae menyuruh Dong Sik minum obat dan tinggal bersamanya.

Dong Sik pergi ke rumah chief Sang Bae, membereskan barang-barang. Ia melihat chief Sang Bae membeli properti di pedesaan, dan menuliskan nama Dong Sik sebagai pewaris. Membuat Dong Sik ingat perkataan chief Sang Bae saat diinterogasi olehnya tahun lalu.

Ji Hwa cs berkumpul di toko daging Manyang, Joo Won ikut bergabung. Jung Je dan Dong Sik tidak ikut bergabung. Jung Je menemani Dong Sik membereskan rumah chief Sang Bae. Mereka mengenang chief Sang Bae dan malam ini Ji Hwa yang memimpin mereka meneriakkan yel-yel sebelum minum bersama.

Jae Yi meminta Joo Won tidak menyalahkan dirinya atas kematian chief Sang Bae, tapi Jae Yi menerima permintaan maaf Joo Won untuk mengirim video Jae Yi ke polisi. Jae Yi lalu menunjukkan pesan dari Jung Je dan meminta Joo Won menjemput Dong Sik, yang sepertinya kembali depresi.

Episode 11: Mengencang

Joo Won pergi ke rumah peristirahatan. Jung Je senang, akhirnya Joo Won menjadi lebih manusiawi. Jung Je tahu Joo Won juga terpukul dengan kematian chief Sang Bae dan tidak ingin ada kematian lagi.

Jung Je tahu, karena seperti itulah perasaan Dong Sik sekarang. Dong Sik merasa bersalah karena orang-orang yang dekat dengannya seperti selalu menghilang dan meninggal. Jung Je, seperti Jae Yi, juga tidak ingin Joo Won merasa bersalah. Perasaan yang mengerikan, yang akan mengubur mereka hidup-hidup.

Jung Je merasa hidupnya seperti mimpi buruk, sampai tak tahu lagi apa itu benar dirinya atau ia telah berubah menjadi orang asing. Jung Je memberikan Joo Won lokasi Dong Sik, saat Joo Won bertanya alasan Jung Je hidup seperti itu.

Joo Won melihat Dong Sik duduk berdiam diri di depan danau yang luas. Dong Sik memberikan perumpamaan memancing ikan yang akan terlepas kalau terlalu cepat atau terlalu lama menarik kail. Bagi Joo Won yang penting adalah berbuat sesuatu, meski mungkin hanya menangkap angin. Membuat Dong Sik berdiri.

Joo Won minta agar Dong Sik membantunya meneruskan penyelidikan, ia tak bisa membiarkan kematian chief Sang Bae menjadi sia-sia dan tak ingin Dong Sik terbunuh juga. Dong Sik menyela, terjun tanpa parasut, adalah kebiasaannya. Dong Sik lebih senang kalau Joo Won tetap bersikap tenang dan berkepala dingin.

Joo Won memberi tahu Dong Sik, dua orang yang ia curigai adalah Gil Gu dan Gwang Yeong. Dong Sik mengajak Joo Won membahasnya bersama tim mereka: Ji Hwa, Jung Je, Ji Hoon dan Jae Yi. Mereka membagi tugas.

Ji Hoon dan Jae Yi menguntit Gwang Yeong ke kantor polisi pusat. Gwang Yeong akhirnya mengaku kalau ia gagal menembus wawancara kerja untuk bergabung dengan kantor pusat.

Jung Je meneliti daftar nomor telpon keluar-masuk milik Gil Gu. Gil Gu banyak berinteraksi dengan chief Cheol Mun dan Ki Hwan. Telpon masuk dari Hae Won membuat Jung Je kesal, tapi ia membuang obat yang baru dibelikan ibunya.

Dong Sik mempercayakan Joo Won untuk bertemu dengan ayahnya, dan mengingatkan Ji Hwa, meski mereka berhubungan darah, tapi karakter ayah dan anak ini bertolak belakang.

Ki Hwan sengaja memanggil Kwon Hyeok, selaku jaksa yang bertugas menangani kasus pembunuhan serial di Munju. Gil Gu tiba-tiba minta bertemu dengan Ki Hwan dan mengatakan kalau ia hanya melakukan perintah atasan. Tapi, ia berlari keluar saat Ki Hwan bertanya siapa dan apa yang diperintahkan oleh atasan Gil Gu.

Bersambung

Komentar aku: Hoiii… senang karena sepertinya Dong Sik sudah mulai mau dekat dengan Joo Won, dan penggambaran kilas balik bagaimana chief Sang Bae mengurusi Dong Sik saat jatuh depresi. Ada sedikit yang mengganggu, adegan Jae Yi dan Ji Hoon menguntit Gwang Yeong. Terlihat seperti dagelan. Meski mungkin ingin agar penonton tidak sedih, karena bagaimana pun kematian karakter Sang Bae cukup tragis.

Aku salut dengan pandangan Jae Yi dan Jung Je. Jae Yi secara konsisten digambarkan sebagai karakter yang kuat, tapi tetap baik hati dan berempati meski mengalami jalan hidup yang sulit. Sementara, untuk Jung Je, pandangannya tentang hidup dalam gulungan perasaan bersalah, memang mengerikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: