Mouse Ep. 02.2

Episode 2: Mata untuk Mata

Mu Chi mengajak Hong Jo ke klub tinju. Mu Chi mereka ulang posisi korban yang jarinya juga menunjuk ke sebuah salib gereja. Mu Chi tahu si pembunuh suka mengkoleksi barang yang dianggap berharga bagi korban. Dari Soon Young, ia mengambil cincin mainan hadiah dari putrinya. Mu Chi menyuruh Hong Jo menebak barang yang diambil dari Soo Ho.

Pandangan Hong Jo terarah pada poster, ia menebak sarung tinju Soo Ho. Bingo! Pembunuh mengambil sarung tinju hadiah dari Soo Jung untuk Soo Ho. Kenangan yang sangat berharga bagi Soo Ho.

Di hall penjara, yang membuat napi gaduh adalah ketika dibuka, peti besi berisikan Chi Kook yang bermandikan darah. Seo Joon tetap tenang duduk, sampai petugas panik mencoba menghubungi dokter penjara. Ia berjalan perlahan ke arah panggung, meminta benang dan jarum. Ba Reum mendorongnya, melarang Seo Joon menyentuh Chi Kook.

Tapi, Mu Won, yang mengenali Seo Joon, memintanya menyelamatkan nyawa Chi Kook. Seo Joon dengan tenang mulai menjahit luka di kepala Chi Kook.

Hong Jo mengulang teori Mu Chi: seorang pembunuh psikopat yang membenci dewa, agama atau salib, dan membunuh tanpa alasan? Mu Chi meralat, ada alasan untuk kedua pembunuhan itu. Soo Ho dibunuh untuk balas dendam. Sebuah alkitab dengan darah dan liur Soo Ho yanag ditemukan terbuka pada ayat ‘mata untuk mata’.

Hong Jo tidak yakin, karena mereka yang diwawancara mengatakan Soo Ho lembut hati. Jadi, si pembunuh membalaskan dendam siapa? Mu Chi menukas, tidak ada yang benar-benar tahu kepribadian seseorang kecuali orang itu sendiri. Mu Chi lalu bertanya, apa Hong Jo sudah menemukan putra Seo Joon?

Hong Jo belum menemukannya. Ia memperingatkan Mu Chi untuk tidak mengganggu putra Seo Joon, ia tidak bersalah. Mu Chi berdalih, orang tuanya juga tidak bersalah. Mu Chi tidak peduli, ia ingin putra Seo Joon membawa beban yang sama seperti dirinya, itulah arti mata untuk mata.

Di RS, Ba Reum menghentikan Dong Koo yang hendak meninju dr. Sung yang menyarankan dan menunjukkan cara mengiris nadi yang benar, kalau ibu Soo Ho benar-benar ingin mati. Ba Reum berusaha menghibur ibu Soo Ho.

Saat petugas penjara datang membawa jari Chi Kook, satu-satunya dokter yang bisa menolong adalah dr. Sung. Ba Reum tidak bisa lagi menolak Chi Kook dioperasi dr. Sung.

Analisa Mu Chi ditambahkan dengan kepribadian pembunuh yang kuat dan teliti. Ia seperti mempelajari anatomi tubuh dan ahli menggunakan pisau. Di ruang operasi, dr. Sung melakukan tugasnya dengan sempurna. Ba Reum membaca info mengenai dr. Sung Yo Han, dokter bedah termuda.   

Operasi berjalan baik, tapi mereka harus menunggu, karena Chi Kook tiba dengan kondisi parah. Dokter menegaskan nasib Chi Kook bisa berbeda, kalau di awal tidak ditolong oleh Seo Joon. Mu Won mendengarkan pembicaraan mereka dengan sekama.

Begitu juga dr. Sung, yang mendengar kalau pengikut Seo Joon lah yang mencelakai Chi Kook karena dianggap menyinggung Seo Joon. Meski begitu, petugas penjara tetap akan menyelidiki apakah Seo Joon terlibat.

Oh Bong Yi berdiri di depan jembatan, trauma ketakutan menguasai dirinya. Ia jatuh terduduk memohon ampun saat ada pria yang menepuk bahunya. Nenek Bong Yi memukul-mukulkan payung pada pria itu.

 Nenek Bong Yi berhenti saat mengenali Ba Reum. Mereka salah sangka melihat baju Ba Reum berlumuran darah. Nenek lalu mendesak Ba Reum untuk mandi, berganti baju dan makan malam di rumahnya.

Bong Yi marah-marah dan bersikap ketus pada Ba Reum. Ia salah tingkah dan membanting pintu saat nenek mendapatinya tersipu waktu Ba Reum meniup telapak tangan Bong Yi yang terluka. Nenek Bong Yi bertanya apa Ba Reum sudah memikirkan tawarannya untuk menikahi Bong Yi? Ba Reum buru-buru pulang.

Hong Jo meneliti hasil rekaman wawancara Mu Chi. Hong Jo memeriksa ulang teori Mu Chi dengan penelitian yang dilakukan oleh Daniel. Hong Jo sempat mewawancarai Daniel tentang psikopat. Si predator kembali menonton hasil wawancara itu.

Dua polisi yang sedang bertugas menemukan mayat gelandangan di semua lokasi pembangunan gedung. 

Voice over… “Hari ini kondisiku kurang baik. Jadi, kupilih korban yang mudah ditundukkan. Dan sudah kutemukan korban ideal itu.” [Si predator]

Hong Jo membawakan acaranya, ‘Sherlock Hong Ju’, yang berisikan wawancara dengan Mu Chi. Ia mengingatkan seperti yang diungkapkan oleh pembunuh Zodiak, pembunuhan itu dilakukan agar si pembunuh cepat ditangkap, atau pembunuh akan menelan korban lagi. Dan itulah yang dilakukan sang predator.

Ba Reum tidak tahan melihat bangkai kucing. Kedua rekan polisi menyuruh Ba Reum berjaga di kantor saja. Saat Bong Yi dan nenek sarapan, TV menyiarkan pembunuhan kembali terjadi. Bong Yi ingin bisa lulus SMA dengan nilai gemilang, jadi ia akan tinggal lebih lama di sekolah, meski nenek tidak terlalu setuju.

Ba Reum mengobati kaki nenek Bong Yi yang terluka. Ia memasang plester bergambar kartun di kaki nenek. Ia berjanji akan menjemput Bong Yi kalau cuaca memburuk.

Penduduk berusaha memisahkan ibu Soo Ho yang marah pada Mu Won karena berbicara di TV kalau Mu Won sudah memaafkan si pembunuh. Menjawab pertanyaan Bong Yi, Mu Won mengaku percaya pada Tuhan. Bong Yi tidak percaya, baginya, Tuhan tidak pernah menyelamatkan.

Di kamar yang beserakan dengan sampah botol miras, makanan cepat saji, baju kotor, Mu Chi terbangun. Sementara, Bong Yi, melihat berita pembebasan Kang Duk Soo, teringat peristiwa yang menimpanya dan jatuh terduduk.

Mu Chi bangun dan terburu-buru pergi ke lokasi pembunuhan. Meneliti dengan seksama barang-barang yang diletakkan pada tubuh korban, Jo Mi Jung, : sarung tinju, cincin mainan, sepatu si gelandangan, jam tangan seorang korban tak dikenal.

Seo Joon minta bertemu dengan dr. Sung. Ia ingin tahu seperti apa putranya yang telah tumbuh dewasa.

Di TKP, Mu Chi mencoba mencari salib dan menemukannya digoreskan dalam mulut korban dengan jari korban yang menunjuk menohok menyumpal mulutnya. Ia memperhatikan atap plastik yang menyelubungi TKP dan menemukan pesan dari si pembunuh, menyelamati hasil deduksi dan berharap Mu Chi menyenangi hadiah darinya.

DI RS, Ba Reum berjalan pulang setelah menunggui Chi Kook semalaman. Di foyer, ia menonton berita yang disiarkan di TV. Dr. Sung yang baru datang, memperhatikannya dengan lekat. Ia ingin tahu, apakah anak yang disebut ibunya juga memiliki gen psikopat-pembunuh seperti dirinya, juga seorang predator?

Bersambung

Komentar aku: tidak akan komentar dulu, sampai menemukan hal yang positif. Dan berusaha menyimpan energi agar bisa bertahan merekap dan menonton sampai 20 edisi, hahahaha… Jadi, Ba Reum adalah putra pak Jung? Rekan kerja Daniel yang membantu teori gen dan ibunya yang bertemu Ji Eun saat di RS menerima hasil test janji waktu hamil? Satu hal lagi: musti ya, pakai cerita mak comblang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: