Beyond Evil Ep. 10.1

Desember 2020, Busan… Joo Won menikmati liburan di hotel mewah tepi pantai. Kwon Hyeok datang memberi tahu kematian Jin Mook menutup kasus pembunuhan, meski menyisakan pertanyaan. Kwon Hyeok  menggoda Jin Wook, saat tahu Jae Yi juga menghilang, ia berpikir Joo Won dan Jae Yi melarikan diri berdua.

Kwon Hyeok tidak mengerti, kenapa Joo Won tidak mau menerima skenario yang ia buat bersama Ki Hwan. Ia tahu, penangkapan Jin Mook tidak sesuai prosedur. Joo Won – Dong Sik bekerja sama, menunggu Jin Mook membongkar kuburan Min Jung. Buruknya lagi, Dong Sik menerima promosi untuk dirinya, sementara Joo Won malah minta dihukum.

Joo Won mengusir Kwon Hyeok. Kwon Hyeok mengingatkan, kutu buku seperti Joo Won, akan selalu dimanipulasi oleh orang seperti Dong Sik. Joo Won akan kehilangan kontrol diri, lalu mencoba melawan balik, tetapi akhirnya akan terbakar habis, dan selain Joo Won, Ki Hwan juga akan menanggung akibatnya. Itulah hidup.

Joo Won yang tidak akan pernah menang dari orang yang terbiasa hidup di jalanan. Kecuali, kalau Joo Won terlahir kembali. Berbalik 180° dari yang Kwon Hyeok harapkan bahwa Joo Won akan membiarkan Kwon Hyeok membereskan Dong Sik dan membuat Joo Won bergantung padanya, Joo Won malah berniat untuk ‘lahir kembali’. Joo Won berterima kasih pada Kwon Hyeok.

Joo Won tidak akan membiarkan semua berakhir begitu saja.

Ibu-ibu nelayan berbohong, mengaku tak melihat Jae Yi waktu chief Sang Bae memperlihatkan foto Jae Yi. Jae Yi berlari menyembunyikan diri. Joo Won memperhatikan semua itu dari kejauhan. Chief Sang Bae heran kenapa Jae Yi terus melarikan diri.

Tiba di unit apartment, Joo Won menerima rekaman video Jae Yi, memperhatikannya dengan seksama.

Episode 10: Tenggelam

Chief Cheol Mun berteriak pada Sr. Det. Kwak, menyuruh menginterogasi chief Sang Bae. Tapi, chief Sang Bae menolak berbicara kecuali pada Dong Sik atau Ji Hwa. Chief Cheol Mun kesal, mereka terus menginterogasi polisi dari Manyang. Bagaimana kalau media mengetahui hal ini?

Jung Je berjalan perlahan menghampiri jasad Yu Yeon, mukanya dipenuhi kepedihan. Ji Hwa menghentikannya, ia khawatir dengan kondisi Jung Je. Do Soo melapor ia tak bisa menemukan Dong Sik dimana pun.

Dong Sik menghormat pada Sr. Det. Kwak dan chief Cheol Mun. Ia masuk dan memberi tahu kalau sudah menemukan jenazah Yu Yeon. Chief Sang Bae menyuruhnya pulang, hari ini sudah dinanti Dong Sik sejak 21 tahun lalu. Dong Sik mengaku, pikirannya menggila selama ini, mulai dari membayangkan bertemu Yu Yeon di satu desa, menemukannya terapung di sungai, sampai menemukannya terkubur di kedalaman gunung.

Dong Sik sadar, Yu Yeon sudah meninggal, tapi ia tidak bisa menyerah, meski bayangan-bayangan itu terus mengejarnya. Dong Sik tidak pernah berpikir, kalau selama ini Yu Yeon ada di basement rumahnya, tempat ia tinggal, makan, dan menatap dinding itu tiap hari. Chief Sang Bae meraih tangan Dong Sik, menggenggam erat.

Dong Sik berharap semua berakhir saat ia menemukan Yu Yeon. Tapi, semua belum berakhir. Dong Sik melepaskan genggaman chief Sang Bae dan mulai bertanya. Chief Sang Bae menyangkal semua tuduhan, Dong Sik menutup sesi interogasi dan beranjak pergi.

Chief Sang Bae meminta maaf. Dong Sik berbalik dan meminta chief Sang Bae tidak melakukan apa pun. Ia tak ingin melihat chief Sang Bae terluka. Chief Sang Bae meyakinkan kalau semua selesai, ia akan pensiun di desa terpencil dan hidup dengan baik. Dong Sik tidak perlu cemas.

Dong Sik merangsek ruang pengamatan interogasi, bertanya apa Cheol Mun dan Kwak perlu mengatakan sesuatu? Selain Sang Bae, mereka berdua adalah detektif yang ditugaskan menangani kasus Yu Yeon 21 tahun lalu.

Selama 72 jam, Sang Bae harus tinggal di sel penjara. Ji Hoon menolak tawaran makan dari Jae Yi, ia cemas akan chief Sang Bae. Jae Yi tahu chief Sang Bae akan baik-baik saja, dia bukan orang yang akan menyakiti orang lain.

Ji Hwa datang memperlihatkan rekaman ruangan chief di kantor polisi Munju yang tidak pernah dikunci. Staff bebas keluar masuk. Karena alasan itulah, tuduhan pada chief Sang Bae menjadi tidak kuat. Sisi buruknya, semua staff di Manyang adalah tersangka.

Dong Sik tahu, untuk menarik perhatian polisi, seseorang memasang bukti yang diatur. Dong Sik ingat, apa yang sekarang terjadi, mirip dengan apa yang ia lakukan dengan mengatur jemari di depan toserba Manyang. Dong Sik melihat ulang rekaman CCTV, tersenyum saat melihat Joo Won sengaja memandang CCTV dan tersenyum.

Joo Won memasak steak di unitnya. Ia menyambut Dong Sik dan menawarkan makan bersama. Ia lega Yu Yeon telah ditemukan dan berdoa untuk kedamaian Yu Yeon. Kali ini peran mereka dibalik, Dong Sik yang menuduh Joo Won memalsukan bukti dan Joo Won yang menuduh Dong Sik mengada-ada. Dong Sik berdiri, memberi selamat pada Joo Won dan berharap Joo Won bekerja sekuat tenaga.

Joo Won mengucapkan hal yang sama, tapi Dong Sik musti berhati-hati. Joo Won tidak yakin penduduk Manyang menganggap Dong Sik adalah bagian dari komuniti. Joo Won menyebutkan semua nama polisi satu persatu yang ia yakin menyembunyikan satu atau beberapa hal dari Dong Sik. Pikiran Dong Sik teringat pada Sang Bae.

Dong Sik tertawa, peniruan Joo Won pada dirinya tidak menunjukkan kreativitas. Joo Won menyanggah, ia hanya tidak ingin Dong Sik senaive dirinya dulu, berpegang teguh pada apa yang ia yakin benar dan memulai penyelidikan dari keyakinan itu.

Dong Sik berterima kasih pada Joo Won, untuk mengingatkan betapa putus asanya ia dulu. Pikiran Joo Won melayang ke saat Dong Sik mematahkan janji yang dibuatnya. Joo Won menukas, itu bukan janji, itu keadilan. Dong Sik menjawab ia akan bersenang-senang bermain di ranah keadilan a lá Joo Won.

Dong Sik keluar dari gedung apartment dan menelpon Chan Gyeong, temannya di Seoul, meminta bantuan memeriksa email yang ia kirim dan menutup telpon sebelum Chan Gyeong sempat menolak.

Bersambung

Komentar aku: Ha! Joo Won mencoba mengikuti kegilaan Dong Sik dan membalikkan posisi dengan melakukan semua teknik yang dipakai Dong Sik. Oh, monster baru telah lahir. Joo Won, be careful of what you wish for…Di satu sisi, kalau Joo Won dan Dong Sik bersatu menjadi team detektif pastinya hebat. Di sisi lain, salah satu atau dua-duanya akan terluka (fisik atau batin), dan keduanya benar-benar perlu terapi… Oy…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: