Beyond Evil Ep. 09.2

Mereka membahas di mana saja Jin Mook mengerjakan konstruksi bangunan? Jin Mook pernah bekerja di SMA mereka, tapi keluar sebelum pembunuhan terjadi. Satu-satunya yang mungkin, adalah tempat persembunyian Jung Je – Dong Sik, yang langsung dijual Hae Won setelah pembunuhan terjadi. Pembelinya: Chang Jin.

Tim polisi Manyang menggali di lahan yang dulu dikenal sebagai ‘Peternakan Rusa Simju’. Joo Won bergabung dan chief Sang Bae memuji, Joo Won tidak lagi bersikap kekanak-kanakan. Joo Won lalu turun membantu Dong Sik menggali.

Joo Won mengingatkan, Dong Sik pernah berjanji pada Joo Won akan menyerahkan diri karena menggambil jemari Min Jung dan menyembunyikan bukti. Min Jung masih bisa diselamatkan kalau saja Dong Sik langsung melapor. Tapi, sama seperti saat mereka mendengar berita Jin Mook meninggal, Dong Sik mengingkari janjinya.

Dong Sik bertanya, apa itu sebabnya Joo Won kembali, untuk menangkapnya? Joo Won hanya tertawa.

Tiba-tiba terdengan teriakan Ji Hoon memanggil Dong Sik. Mereka menemukan tangan manusia bertautan dalam lubang yang digali Ji Hoon.

Chang Jin dipanggil ke kantor polisi Munju. Ia protes pada Ji Hwa, polisi mengacak-acak tanahnya tanpa izin. Sebagai bukti Chang Jin tidak punya hubungan dengan Jin Mook, Ji Hwa meminta Chang Jin memberi izin tertulis bahwa polisi diperbolehkan melakukan penyelidikan di tanah tersebut. Atau, kehidupan Chang Jin akan jadi sulit. Chang Jin langsung setuju.

Polisi menemukan beberapa mayat yang terkubur di perternakan lama itu. Tim forensik kembali memberi tahu chief Sang Bae dan Dong Sik, kalau para korban tidak ada yang berusia 20tahunan. Dong Sik meminta izin untuk pulang.

Di rumah peninggalan Jin Mook, Joo Won menonton video Jin Mook. Mereka kembali bersilat lidah. Joo Won tahu sebelumnya, Dong Sik meninggalkan petunjuk sebagai umpan agar Joo Won menyelidiki dengan seksama. Kali ini, Joo Won berpikir Dong Sik kembali membuat sebuah panggung.

Saat Jin Mook bunuh diri, semua CCTV di kantor polisi Munju tiba-tiba mati. Sehingga, tidak ketahuan siapa yang memberi tali pancing dan sertifikat kematian Mi Hye pada Jin Mook yang berada dalam sel penjara. Kematian Jin Mook, dan kematian tidak langsung Min Jung, yang disebabkan oleh Dong Sik, membuatnya mewarisi tanah dan harta milik Jin Mook. Motif yang sangat kuat untuk membunuh.

Joo Won melarang Dong Sik berjanji lagi. Apa Dong Sik tahu kalau ‘hukum’ berasal dari nama binatang ‘xiezhi’? Binatang mirip banteng dengan tanduk di kepalanya. Selain lurus hati, binatang itu akan menanduk dan menggigit mereka yang bersalah. Dan Joo Won akan menegakkan hukum pada Dong Sik.

Satu lagi, Joo Won menanggap orang yang menggunakan ibunya untuk menguatkan panggung sandiwara, tidak layak disebut manusia. Dong Sik menatap tajam, lalu memberi semangat pada Joo Won. Ia senang mendengar penjelasan Joo Won.

Dong Sik pergi menjenguk ibunya di RS. Ibunya mengigau menyuruh Jin Mook menghentikan pekerjaan kontruksi alat pemanas di basemen. Dong Sik terkesiap, berusaha bertanya, tapi ibunya kembali lupa.

Dong Sik bergegas pulang dan membobol dinding dekat pemanas. Sesosok tangan mengenakan cincin bermata batu merah terlihat di dalam dinding. Dong Sik menggengam tangan itu, menyapa Yu Yeon, lalu mulai tertawa dan menangis. Ia bersumpah, ia tidak tahu Yu Yeon dikubur di situ.

Joo Won memarkir mobilnya, mengikuti chief Sang Bae yang pergi ke tempat Jae Yi. Chief Sang Bae menahan tangan Jae Yi. Sewaktu Jae Yi pergi ke kantor polisi Munju, Jae Yi pasti melihat chief Sang Bae masuk ke dalam kantor  itu, bukan begitu?

Tiba-tiba Sr. Det. Kwak dan dua anak buahnya membuka pintu. Ia datang untuk menahan chief Sang Bae atas tuduhan membantu dan mendorong Jin Mook melakukan bunuh diri. Chief Sang Bae mengulurkan tangannya.

Dong Sik mengambil ponsel, bersiap memanggil polisi. Panggilan dari Ji Hwa masuk, memberi tahu chief Sang Bae ditahan secara mendadak. Polisi Munju memeriksa kantor polisi Manyang dan menyita tali pancing yang sama beserta sertifikat kematian Mi Hye yang asli yang berada di dalam brangkas kantor chief Sang Bae.

Dong Sik melihat dinding kuburan Yu Yeon di depannya, mengingat perkataan dan tulisan darah Jin Mook. Di pertigaan jalan utama Munju, mobil polisi yang membawa Chief Sang Bae berhenti. Chief Sang Bae memperhatikan banner Yu Yeon yang terpasang di situ. Terlihat juga mobil yang dikendarai Joo Won melintas melewati mereka.

Bersambung

Malam sebelumnya, di dalam gelap terlihat sosok orang mengenakan sarung tangan, membuka brangkas di ruangan kantor chief Sang Bae, memasukkan tali pancing dan sertifikat kematian.. Sosok itu adalah Joo Won. Raut mukanya terlihat dingin dan keras.

Komentar aku: yas! Hooiii… Joo Won punya kecenderungan ekstrim sama seperti Dong Sik. Aku pikir, setelah kasus Geum Hwa dan setelah mengakui / minta dihukum, Joo Won akan berbalik. Mungkin, setelah terlibat dengan pembunuh serial, kematian Min Jung yang kejam dan tragis, dan kekecewaanya mengetahui Dong Sik melanggar janji menyerahkan diri, ia 100% menjadi polisi yang akan menggunakan cara apa pun selama bisa menangkap si pembunuh. Mirip dengan Dong Sik, setelah melihat kematian Sang Yeob.

Kepalang basah, sekalian terjun berenang di laut. Haugh. Di sisi lain, kisah Dong Sik juga tragis. Ia tidak ingin Jin Mook bebas karena azas ‘double jeopardy’, di sisi lain, pilihan Dong Sik menyebabkan Min Jung terlambat ditolong dan mati secara mengenaskan. Bisa tidak sih azas ‘double jeopardy’ dihapus? Azas itu nyaris membuat pembunuh terkenal Charles Sobhraj terbebas dari hukuman penjara.

Owww… legenda tentang xiezhi menarik, karena ada di beberapa negara (China, Jepang, Korea dan Vietnam). Hhohohoho… suka kalau drama terhubung dengan mitologi / sejarah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: