Beyond Evil Ep. 09.1

Joo Won menjalani pemeriksaan di Met Seoul. Pemeriksa memberi selamat untuk Joo Won dan Ki Hwan. Joo Won menukas, menegaskan ia menyalah gunakan kekuasaannya dan menyebabkan imigran ilegal meninggal. Pemeriksa berusaha menekankan prestasi yang dicapai Joo Won. Tapi, Joo Won terus mendesak agar dirinya dikenai hukuman.

Episode 9: Mengambang

3 bulan setelah kematian Jin Mook… Dong Sik duduk di dalam rumah Jin Mook yang ia porak porandakan dan gali. Ia menonton video rekaman Jin Mok yang mengurus ibunya saat Dong Sik menjalani wamil. Selesai menonton, ia mulai menghantam lantai rumah. Sebuah benda merah bersinar, menarik perhatiannya.

Dong Sik membelikan Yu Yeon cincin bermata batu merah saat Yu Yeon diterima di universitas. Sayang, benda itu hanya pecahan gelas. Dong Sik kembali menghantam lantai.

Gil Goo dan Gwang Young bergosip. Jung Je diangkat jadi senior inspektur, tapi Joo Won malah menolak dipromosi dan menyerahkan diri pada internal affairs, sekarang malah cuti. Seharusnya, Dong Sik yang cuti. Kematian Jin Mook menyisakan rahasia tentang Yu Yeon, yang membuat Dong Sik makin frustasi. Mereka menerima banyak keluhan tentang perlakuan Dong Sik akhir-akhir ini.

Chief Sang Bae menegur mereka dan bertanya apa yang dikeluhkan tim polisi lain? Dong Sik, dalam kondisi hari hujan salju pun melakukan patroli harian. Jadi, kenapa Dong Sik digosipkan kehilangan akal?

Ji Hoon melapor kalau Jae Yi tidak bisa dihubungi, Dong Sik menjawabnya dengan menyanyi. Tiba-tiba Dong Sik memundurkan mobilnya ke depan toko daging Manyang. Ia membuka pintu roll besi dan mendapati ibu-ibu bermain kartu. Ji Hoon melaporkan ke kantor kalau Dong Sik  mulai bertingkah lagi.

Para ibu berusaha membela diri, mereka bermain hanya untuk bersenang-senang. Dong Sik membacakan tuduhan, me-mirandize dan menyuruh Ji Hoon mengunci toko daging Manyang.

Di kantor polisi, ibu-ibu protes pada chief Sang Bae, menuduh Dong Sik mengada-ada. Gil Goo mengerti, Dong Sik khawatir ibu-ibu akan lupa diri dan terus menaikkan jumlah taruhan. Dong Sik memperlihatkan uang yang dipakai untuk berjudi, mata uang China: Yuan, yang diperjual belikan di pasar gelap. Itu yang membuat Dong Sik khawatir.

Joo Won masuk, hanya, kali ini dia tersenyum dan memberi hormat, melapor pada chief Sang Bae kalau ia mendapat penugasan kembali bekerja di kantor polisi Manyang. Ia berbalik dan mengunci pintu kantor polisi. Tiba-tiba tim polisi berhenti, mereka semua mendapat pesan Jae Yi menyerahkan diri ke kantor polisi Munju.

Jung Je duduk di kantor barunya, memperhatikan video rekaman yang memperlihatkan Jae Yi berjalan di depan kantor polisi Munju.

Jae Yi mengaku tanggal 10 November, ia pergi ke kantor polisi Munju untuk membunuh Jin Mook. Tim polisi Manyang, tanpa Joo Won, melihat video yang sama. Ji Hoon membantah, kematian Jin Mook akibat menggantung diri menggunakan tali pancing, bukan ditusuk pisau. Dong Sik pamit hendak membantu Gil Goo membuat laporan penahanan ibu-ibu, dan tidak menjawab saat Ji Hoon bertanya tentang Jae Yi.

Jae Yi tidak membunuh Jin Mook, karena tidak punya akses masuk dan bisa diperiksa dari CCTV yang ada. Jae Yi lalu memperlihatkan text di ponselnya, ia diancam video itu akan diedarkan ke polisi. Karenanya, Jae Yi datang untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Joo Won makan malam bersama Ki Hwan. Sikap Joo Won berubah 180°, mulai dari menu yang dipilih, jawaban yang santai tapi tegas, saat menolak perintah Ki Hwan untuk kembali ke Seoul. Bahkan, Joo Won mengundang Kwon Hyeok, karena sepertinya Ki Hwan lebih menganggap Kwon Hyeok sebagai putranya daripada Joo Won.

Kwon Hyeok memperlihatkan video yang sama. Kwon Hyeok sengaja menyebut kalau Joo Won tertarik pada wanita yang ada di video itu. Ki Hwan berteriak, Joo Won dengan tenang bertanya, ayahnya tidak setuju karena wanita itu tidak setara atau karena wanita itu terlibat pembunuhan yang dilakukan Jin Mook?

Tak sampai di situ, Joo Won terang-terangan mengatakan ia sudah cukup hidup di dunia ayahnya. Ia akan terus tinggal dan bekerja di Manyang. Atau, ayahnya masih perlu bantuan untuk mendapatkan promosi itu? Joo Won berdiri dan pergi, setelah meminta Kwon Hyeok mengantar pulang ayahnya.

Chang Jin dan Hae Won juga melihat video yang sama. Mereka kesal, padahal, dukungan masyarakat sudah kembali pada Hae Won, dan mereka bisa melanjutkan pembangunan kota. Chang Jin ingin tahu siapa yang mengirim video itu, Hae Won tertawa, ia punya koneksi dalam polisi yang bisa diandalkan.

Tim polisi Manyang, minus Joo Won, plus Ji Hwa dan Jung Je kembali berkumpul untuk makan malam di toko daging Jae Yi. Jae Yi membela Dong Sik dan Jung Je, mereka berdua tidak tahu kalau Jae Yi selama ini menyembunyikan diri, dan tidak merahasiakannya pada Ji Hwa. Ji Hwa tak percaya, bahkan mungkin chief Sang Bae ikut bersekongkol. Ji Hwa sakit hati.

Dong Sik tersenyum, berkata pelan. Akan sangat membahagiakan kalau benar dia dan Jae Yi bersekongkol membunuh Jin Mook. Kalau tahu akhirnya Jin Mook membunuh diri, Dong Sik akan lebih dulu membunuhnya.

Dong Sik mengajak Ji Hwa dan Jung Je melihat video rekaman Jin Mook. Info bahwa Jin Mook bekerja di bagian kontruksi menarik perhatiannya. Yang pasti, Yu Yeon tidak dikubur di rumah Jin Mook. Ji Hwa mengingatkan Jung Je, untuk tidak berusaha mengerti pembunuh yang mengambil nyawa orang lain atau berharap ada alasan kuat di balik pembunuhan-pembunuhan itu.

Kematian Jin Mook membuat Dong Sik mau tak mau percaya bahwa Jin Mook tidak membunuh Yu Yeon. Ji Hwa tahu, itu lebih karena tidak ada lagi petunjuk yang bisa didapat dari Jin Mook. Dong Sik menghormati Ji Hwa, yang terus berusaha menjadi detektif polisi yang berintegritas tinggi dan mematuhi hukum. Jung Je protes, bagaimana dengannya? Dong Sik dan Ji Hwa menggodanya.

Dong Sik meminta maaf pada Ji Hwa. Jung Je kembali protes, Dong Sik harusnya meminta maaf padanya.

Bersambung

Komentar aku: jujur, aku kaget. Aku pikir episode 9 akan melanjutkan dengan penyelidikan langsung saat itu juga tentang kematian Jin Mook, siapa yang menyelundupkan tali pancing? Tapi, dapat surprise menyenangkan. Cerita berjalan ke tiga bulan setelah kematian Jin Mook, bagaimana para tokoh melanjutkan hidup mereka. Seperti mendapat angin segar, kesempatan untuk beristirahat sejenak. Aku banyak tertawa di setengah episode ini. Dong Sik yang menyanyi dengan suara pas-pasan, membuat Ji Hoon pusing. Pengulangan persis sama saat Joo Won pertama datang ke kantor polisi Manyang: melihat ibu-ibu ditahan. Tapi, yang menggembirakan adalah melihat perubahan Joo Won. Yas! Sebagian, mungkin karena beban menyebabkan Geum Hwa meninggal sudah terangkat dari pundaknya. Ia tak lagi tertekan dan hidup di bawah bayang-bayang ayahnya. Yas x2!! Yas x3? Jung Je dan Dong Sik mendapat promosi. Oh yeah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: