Beyond Evil Ep. 05.2

Chang Jin cs dan Dong Sik – Joo Won dibawa ke kantor polisi. Dong Sik & Joo Won baru tahu kalau Chang Jin adalah bekas suami Ji Hwa. Dong Sik menendang kursi, melarang Chang Jin berhubungan dengan Ji Hwa. Kesempatan itu digunakan Chang Jin untuk menunjukkan kekasaran Dong Sik dan menyuruh anak buahnya memperlihatkan rekaman peristiwa.

Rekaman yang sama ditonton oleh Ki Hwan. Kekesalah Ki Hwan dipergunakan Kwon Hyeok untuk keuntungannya. Ia menyediakan diri menjadi penengah, agar nama Ki Hwan tidak terseret perbuatan Joo Won. Ia juga sengaja mendekatkan diri dengan memanggil Ki Hwan ‘ayah’. Kali ini, Ki Hwan tidak menolak.

Chang Jin juga mengambil kesempatan ini saat Ki Hwan menelponnya. Chang Jin tahu, Ki Hwan menelpon karena Joo Won membuat kekacauan dan butuh bantuan untuk membereskannya.

Ji Hwa kesal pada keduanya, karena mereka ia harus berhadapan dengan Chang Jin. Chang Jin menawarkan damai. Dong Sik setuju dengan syarat Chang Jin wajib menurunkan semua rekaman yang ia buat. Dong Sik bertanya pada Ji Hwa apa Ji Hoon kembali ke kebiasaan lama mengurung diri dan tidak mau bertemu orang? Ji Hwa meyakinkan kalau Ji Hoon baik-baik saja.

Joo Won mengejar Dong Sik. Ia mendengar apa yang Dong Sik bisikkan pada Hae Won. Dong Sik balik bertanya, kalau memang benar ia bekerja sama dengan Jung Je untuk semua pembunuhan itu, seberapa jauh Joo Won bersedia bertindak untuk menangkap mereka? Sekarang ini, bagi Dong Sik, Joo Won sekedar omong besar. Di taksi, Dong Sik bertanya pada bayangan bekas partnernya, Sang Yeob, seberapa jauh Joo Won bisa menyelesaikan kasus-kasus ini?

Joo Won  menemui Kwon Hyeok yang langsung menegurnya. Ia menyarankan Joo Won bekerja sama dengan senior inspektur Han yang akan menyelidikinya. Bercerita kalau ia memberi kartu nama pada Geum Hwa, tapi tak tahu apa yang diperbuat atau kenapa Geum Hwa mengirimnya pesan.

Kwon Hyeok mengulang persis seperti apa yang dikatakan Dong Sik tentang kepribadian Joo Won, seseorang yang hidup berpegang teguh pada aturan. Karenanya, pasti sulit bagi Joo Won untuk berbohong. Joo Won membantah, kali ini cerita yang dibuat ayahnya benar, ia akan mengikuti.

Kwon Hyeok juga mengungkit kalau ‘ayah’ selalu berbagi dengannya, tidak ada rahasia. Ungkapan itu digunakan Joo Won untuk meminta Kwon Hyeok membantu ‘keluarga’ dengan menyelidiki latar belakang Jung Je. Joo Won bahkan memohon, membuat Kwon Hyeok menyanggupi permintaanya.

Kali, Dong Sik yang diganggu reporter Gyu Seok. Gyu Seok bersikeras kalau ia melihat Dong Sik turun dari mobil dengan mengenakan topi. Membuat Dong Sik sadar kalau Gyu Seok dapat bocoran sebelum wartawan lain tahu. Dong Sik mengancam Gyu Seok dan meminta nama polisi yang membocorkan info itu.

Joo Won bersepeda static sambil memikirkan Jung Je. Tak lama, email masuk, ia turun dan membacanya.

Ji Hoon datang ke rumah Dong Sik. Ia mengakui kalau dialah yang membocorkan info itu. Ia tidak menjual Dong Sik pada media. Tapi, semua ia lakukan karena malam itu ia melihat Min Jung bertemu dengan Jung Je.

Ji Hoon tidak bisa bilang ke Gyu Seok kalau Jung Je pembunuhnya, atau Dong Sik. Tapi, ia juga tak bisa mengakui kalau ia mengikuti Min Jung, ia bukan penguntit! Ji Hoon tak mau percaya akan kemungkinan polisi lah yang membunuh Min Jung. Dong Sik menyuruh Ji Hoon merahasiakan semua itu, karena akan berbahaya bagi Ji Hoon. Ia akan mengurus semuanya.

Joo Won mendengar semua itu. Ia masuk ke basement memperlihatkan hasil penyelidikan tentang Jung Je. Jung Je tidak pernah belajar ke luar negeri setelah Yu Yeon hilang. Ia dirawat di Hansong Mental Hospital karena penyakit kejiwaan dipicu oleh alkohol. Ia mengaku membunuh seseorang yang terlihat seperti seekor rusa.

Dong Sik dengan dingin menepis tuduhan Joo Won yang hanya berdasarkan satu sisi informasi saja. Apa data bahwa Jung Je dirawat di RSJ karena menderita halusinasi + sebagai orang terakhir yang bertemu Min Jung cukup menjadi dasar tuduhan kuat bahwa Dong Sik menjadi kaki tangan Jung Je dalam pembunuhan?

Bagaimana dengan bukti fisik yang menunjukkan semua itu? Bukti seperti itu tidak bisa didapat Joo Won hanya dengan menodongkan pistol ke kepala Dong Sik atau mengumbarnya ke media. Katakan satu alasan kenapa Dong Sik harus memberi tahu Joo Won?

Dong Sik terus mendorong Joo Won dengan kenyataan pahit tentang Geum Hwa. Sampai akhirnya Joo Won mengakui, ia mendorong Geum Hwa ke kematiannya, itu sebabnya ia sangat ingin menangkap si pembunuh. Karenanya, entah Dong Sik percaya pada Joo Won atau tidak, katakan… siapa pembunuh itu.

Dong Sik menaruh tangannya di pundak Joo Won, menarik mendekat. Saat Min Jung bertemu Jung Je, Jin Mook ada di sana.

Bersambung

Komentar aku: di satu sisi mengerti anggapan Dong Sik kalau Joo Won lebih banyak omong/berteori tanpa bukti fisik + purbasangka (prejudice) yang mengaburkan penyelidikan Joo Won, dan lebih banyak membawa dampak negatif pada orang-orang di sekelilingnya, bahkan dirinya sendiri. Di sisi lain, Joo Won belum benar-benar terasah kemampuan di lapangan, meski lulus dengan ‘cum laude’. Seidaknya, aku ingin Dong Sik memberi kesempatan mengajari Joo Won, tapi tidak dengan menebak-nebak. Atau, itulah pelajaran dari Dong Sik, karena di dunia nyata, seorang detektif harus mencari bukti nyata dan Dong Sik tidak ingin kehilangan satu orang partnernya (lagi)? Huhu… semoga ending ini artinya Dong Sik akan mulai terbuka, setelah Joo Won bisa mengakui kalau ia terobsesi karena termakan rasa bersalah mengakibatkan kematian Geum Hwa. Setidaknya, Joo Won sudah mulai bisa jujur pada dirinya sendiri.

Kenapa Jin Mook ada di tempat pertemuan Min Jung – Jung Je? Wah… benar-benar… sampai episode berapa kita musti mengejar angsa liar (wild goose chase) atau lebih tepat sampai episode 14 semua penuh dengan ikan haring (red herring, ungkapan untuk petunjuk yang menyesatkan). Asyik… kekeke… Dua kantor polisi + beberapa penduduk desa semuanya tersangka.

Ngomong-ngomong, itu Jung Je menggambar rusa cantik, latar belakangnya mengerikan juga, berhalusinasi membunuh orang yang dilihat sebagai rusa. Selamat mimpi malam ini! (haugh, tidur dengan lampu menyala ini jadinya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: