Myth – Bab 1

Myth – Anthony Horowitz

BAB I: OSIRIS & ISIS

pyramid clipart PNG by https://www.pngtree.com/

Bagian Pertama – Rekap buku

Osiris adalah cicit dari Ra dan menikahi saudarinya, Isis. Mereka dewa yang berkuasa di Mesir. Mesir menjadi negara yang damai sejahtera di bawah kepemimpinan mereka.

Set, saudara Osiris, yang berbeda 180° dari Osiris iri dengan kekuasaan dan ketenaran Osiris. Ia mengumpulkan 72 pengikut dan menipu Osiris sehingga bisa dikubur hidup-hidup dalam sebuah peti dan melemparnya ke sungai Nil dan berakhir di Fenisia. Ia menjadi raja menggantikan Osiris.

Isis yang berduka mencari dan menemukan mayat  suaminya. Dengan kekuatan sihir ia menghidupkan Osiris kembali. Tapi, Osiris merasa lelah dan memutuskan turun ke dunia akhirat.

Putranya, Horus, membalaskan dendam ayahnya dan menjadi dewa terakhir yang memerintah Mesir dalam tubuh manusia.

Kutipan dari buku tentang perkataan Set saat menyatakan ketidak setujuan pada sahabatnya, ratu Etiopia, untuk larangan kanibalism: ‘Secara pribadi, aku selalu menyenangi pria muda yang direbus sebentar bersama nasi. Sekarang, bahkan menggigit sedikit pun tak boleh. Memang, apa bahayanya memakan manusia? Itu yang aku ingin tahu!’, ‘Aku tidak suka dimakan,’ jawab sang ratu. [hal. 9]

Komentar aku: Anthony Horowitz terkenal dengan tulisannya yang kocak tapi cerdas. Membaca buku ini, ditambah dengan gaya dan imajinasinya, membuat yang tadinya mau tidur jam 12 jadi tidur jam 2 malam…

Bagian Kedua – Catatan MeSaya

Keterangan Gambar: Perhiasan Keluarga Osiris – Patung setengah badan dari dewa Osiris, diampit oleh dewa Horus, putranya, di sebelah kanan, dan dewi Isis, istrinya, di sebelah kiri. – Credit: Louvre Museum, CC BY-SA 2.0 FR https://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0/fr/deed.envia Wikimedia Commons

Osiris adalah putra dari dewa Geb (Bumi) dan dewi Nut (Langit). Ia melambangkan kesuburan, sekaligus adalah hakim dunia kematian. Ia mengajarkan hukum, kebudayaan, kepercayaan/agama dan pertanian.

Set, saudara kandung Osiris, menjadi cemburu atas kesuksesan kakaknya. Apalagi, dewi Nephthys, istri Set, menyamar menjadi Isis dan menggoda Osiris, sampai melahirkan seorang putra, dewa Anubis. Set pun membunuh kakaknya dan melarungnya di sebuah peti.

Isis berhasil mendapatkan peti itu dan membangkitkan kembali Osiris. Tapi, Set mengetahui hal itu dan memotong-motong tubuh Osiris menjadi beberapa bagian dan menyebarnya ke seluruh penjuru Mesir. Isis berhasil mengumpulkan bagian tubuh Osiris, kecuali penis yang dimakan oleh ikan oxyrhynchus. Itu sebabnya ikan ini dilarang dimakan di Mesir kuno.

Ikan Oxyrhynchus (Medjed), sejenis ikan tawar dari keluarga ikan gajah / elephant fish – Credit: Metropolitan Museum of Art, CC0, via Wikimedia Commons

Isis membungkus potongan tubuh suaminya seperti mumi dan membangkitkannya dengan sihir. Usaha Isis ini menjadi prototipe mumifikasi dan praktek penguburan lainnya di Mesir.

Isis adalah simbol representasi total janda yang berkabung. Dokumen penguburan Osiris juga berisi isi hati Isis tentang kesedihan, dambaan seksual pada Osiris, bahkan kemarahan karena Osiris meninggalkannya. Semua tuangan emosi ini akan menjadi unsur penting pembangkitan Osiris.

Saat dibangkitkan sesaat, Isis menjadi hamil dan melahirkan dewa Horus. Akhirnya Osiris mengundurkan diri menjadi penguasa dan hakim dunia kematian.

Isis yang khawatir Horus disakiti oleh Set menyembunyikannya sampai Horus dewasa. Ia menjadi prajurit perkasa yang berhasil mengalahkan dan membalaskan dendam ayahnya pada Set. Horus mengembalikan keteraturan pada pemerintahan dan berkuasa bersama ibunya sebagai raja titisan dewa terakhir di Mesir Kuno.

Keterangan gambar: Isis dengan Horus sang putra – Credit: Walters Art Museum, Public Domain, via Wikimedia Commons

Jiwa mereka yang mati akan dihakimi oleh empat puluh dua hakim dunia akhirat. Kalau jiwa itu hidup dengan baik dan benar, ia akan diterima di kerajaan Osiris. Tapi, kalau melakukan kejahatan jiwa itu akan dilempar ke setan pemakan jiwa Ammit dan tidak menikmati kehidupan abadi.

Komentar aku: hal yang menarik: mungkin kebetulan. Tapi, Indonesia punya Gajah Mina / gadjamina atau Eon, mahluk mistik berwujud ikan berkepala gajah yang menghiasi peti mati kayu di Bali. Dipergunakan untuk mengantarkan mereka yang meninggal melalui upacara Ngaben. Hmmm…

Dan untuk berbagai media modern, seperti novel, game, series, Osiris dan Set sering dihubungkan dengan asal usul vampire. Nah, dari Mesir ke Transilvania itu bagaimana, ya? Huhuhu… Lalu yang mempopulerkan sosok vampire itu seorang Irlandia. Wow… imajinasi manusia itu sangat hebat, ya?  

Bersambung

Sumber catatan MeSaya:

https://en.wikipedia.org/wiki/Osiris

https://en.wikipedia.org/wiki/Isis

https://www.ancient.eu/osiris/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: