18 Again Ep. 16.2

Dae Young – Da Jung minum di tempat rahasia mereka. Pelajaran berharga yang Dae Young dapat saat it masih muda adalah seberapa pun usia kita, kita akan selalu bisa mempelajari hal baru dari pengalaman hidup. Selama tidak memilih menjadi pahit dan menyesali yang terjadi.

Da Jung menyerahkan amplop berisi ticket VIP tanda terima kasih dari Ji Hoon, untuk Dae Young.

Ji Hoon senang Da Jung datang. Ia senang kalau gelang keberuntungan Da Jung yang didapat dari fan nya membuat banyak keberuntungan dalam hidup Da Jung. Da Jung bertanya apa ia perlu meminjaminya untuk Ji Hoon?

Dae Young masuk menemui Seo Yeon yang sedang bersama Da Jung. Mereka menonton permainan Ji Hoon dari booth VIP bersama. Ji Hoon melakukan strike 3x berturut-turut.

Saat diwawancara Yu Mi, Ji Hoon mengakui prestasinya naik lagi karena ia termotivasi oleh orang yang istimewa. Ji Hoon berteriak kalau paman menang. Seo Yeon yang melihat wawancara berteriak senang dan bertepuk tangan.

Akhirnya, Ji Hoon bisa bertemu dengan Dae Young. Kali ini Seo Yeon memuji Ji Hoon, pamannya sangat hebat. Da Jung menggengam tangan Dae Young. Mereka memperhatikan Ji Hoon dan Seo Yeon pergi bersama.

Deok Jin pergi ke tempat cosplay menggunakan baju Iron Man. Sekretaris AI nya berhasil menemukan target: ratu Hye In dan memulai system festival. Hye In tahu tentang cerita Woo Young bahwa Deok Jin bukan ayah kandung Woo Young saat Woo Young pamit ke US.

Hye In berjanji akan menjadi tempat Deok Jin bersandar mulai sekarang dan mencium Deok Jin dengan hangat.

2 Tahun Kemudian

Giliran Shi Ah, Bo Bae dan Young Sun pergi ke reuni SMA. Kebetulan 2 generasi sama-sama bereuni. Reuni angkatan ke-20, yang datang hanya musuh Da Jung – Ae Rin. Saat check WA group, mereka mengatakan memilih reuni di tempat lain karena mereka tidak mau ketemu dengan orang yang menjelek-jelekkan mereka di belakang mereka.

Ji Hoo dan Ja Sung datang bareng ke reuni. Shi Woo tidak datang karena sedang berusaha berbaikan dengan pacarnya So Mi yang cemburu karena Shi Woo banyak tersenyum ke fans. So Mi tidak usah khawatir, Shi Woo akan selalu ingat petuah ayahnya untuk tidak melepaskan gadis yang bersedia mendampingi saat kesulitan.

Ji Hoo berkata Woo Young, yang rekan-rekan wanitanya rindukan, akan baik-baik saja.

Woo Young/Dae Young yang dibicarakan sedang menyemangati team olah raga anak-anak. Ia membuka kelas olah raga untuk anak-anak.

Ketiga anchors menyelamati Da Jung di pekerjaannya. Yu Mi berusaha menyapa yunior yang mengabaikannya. Ia tidak percaya dulu ia seperti itu. Ja Young menyemangatinya, Yu Mi telah berubah menjadi lebih dewasa. Gi Tae memberi tahu kalau Woong Ki sekarang telah jadi direktur.

Woong Ki membersihkan plakat jabatannya dengan senyum super lebar.

Dae Young meminta Da Jung mengabulkan permintaannya kalau bola masuk ring basket, lagi. Kali ini Dae Young berharap Da Jung setuju menikah lagi dengannya. Kali ini mari merayakan pernikahan dengan besar-besaran.

Woong Ki memberi info berita ekslusive, ia akan menikah lagi November ini. Reporter Lee langsung menutup telpon. Ji Hoon juga membaca berita pernikahan Da Jung – Dae Young, ia tersenyum dan memberi komentar ucapan selamat.

Ae Rin memberi hadiah kejutan. Terjun payung. Da Jung mengirim fotonya ke Dae Young.

Deok Jin dan Hye Jin memberi hadiah, figurine Deadpool menyambut tamu-tamu pernikahan Dae Young – Da Jung. Para undangan yang duduk di kursi berjarak 1 meter, menyemangati pasangan pengantin.

In Ja memberi restu dan doa, begitu juga dengan Soo Man yang berterima kasih dan memeluk mereka berdua. Ji Ho menggenggam tangan Shi Ah. Hye Jin menyentuh pundak Deok Jin yang mencoba menahan tangis. Gi Tae memberikan saputangan pada Ae Rin yang terisak-isak.

Si kakek pemberi keajaiban pun datang. Dae Young mengenalinya, tapi kakek memberi tanda untuk mengunci bibirnya dan pergi.

Keluarga pengantin berfoto. Tapi, Dae Young & Da Jung tahu, cerita mereka tidak berakhir di situ. Akan terus ada kesalah pahaman dan kekecewaan dalam kehidupan perkawinan mereka. Hari-hari saat mereka saling membenci. Tapi Dae Young dan Da Jung tahu bahwa mereka menjadi saling lebih toleran dan mengerti satu sama lain.

Mereka belajar untuk berterima kasih, menghargai dan saling mencintai. Semua yang mereka harapkan saat masih muda dulu dan melihat kakek-nenek yang berjalan bergandengan tangan dengan mesra.

Voice over… Setiap orang bisa mendapatkan dan menikmati hari-hari bahagia. Untuk itu, kita memutuskan untuk mencintai pilihan kita. Kita memilih pasangan berdasarkan cinta dan bersyukur atasnya. Dan akan kita hargai sampai akhir masa (Dae Young).

 Meski bila satu saat kita kehilangan kesempatan untuk berbahagia, ingatkan akan seseorang yang selalu mengusahakan kebahagiaan bersamamu, hidupmu akan berharga (Da Jung).

Berusaha untuk lebih baik, begitulah kehidupan kita akan terus berjalan.

TAMAT

Komentar aku: 4*/5*. Aku lebih senang drama ini dibanding versi film aslinya. Hehehehe… Meski tidak bisa ‘apple to apple’ ya? Banyak hal yang menarik yang mereka bahas dan selesaikan dengan baik. Bully-ing, guru OR yang minta sogokan, penerimaan pekerja berdasarkan kemampuan bukan sekolah dan umur, perkawinan yang menjadi stagnant karena ‘take it for granted’, status janda di masyarakat dan pekerjaan,

Yang membuat aku tidak memberi lebih dari empat adalah karena aku sulit mendapatkan ‘chemistry’ antara Kim Ha Neul dan Yoon Sang Hyun. Kedua, saat perubahan Woo Young menjadi Dae Young agak membuat aku bingung. Karena sepanjang episode, sudut pandang itu selalu ada (Woo Young berubah menjadi Dae Young). Tanpa keistimewaan/perbedaan, aku agak sulit membedakan ini sekedar sudut pandang atau memang Woo Young sudah kembali menjadi Dae Young? Ketiga, stalker yang mengambil banyak adegan tapi hanya filler. Filler sudah berlimpah, hubungan Ae Rin dengan pacar-pacar mudanya, hubungan Deok Jin – Hye In, hubungan Shi Ah – Ji Hoo – Ja Sung, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: