Record of Youth Ep. 16.2

Hari ini Hye Jun menerima penghargaan sebagai duta besar kesejahteraan masyarakat. Selesai upacara, Hye Jun diwawancara. Ia berterima kasih pada penggemar dan mereka yang bekerja keras untuknya. Rencana ke depan belum pasti, Hye Jun ingin menikmati hari-harinya.

Kyung Mi bergabung di dapur rumah keluarga Won bersama Ae Suk. Ia memberi tahu kalau ia akan berhenti, karena Jin Wu tidak ingin ia bekerja untuk keluarga Won. Ae Suk mengerti, karena Hye Jun pun begitu.

Ae Suk juga pamit pada Yi Yeong. Yi Yeong mencoba membujuk Ae Suk untuk tidak berhenti.

Keluarga Sa mengadakan pertemuan keluarga, Hye Jun memberi tahu kalau ia akan ikut wamil. Pertemuan selesai saat Yeong Nam berdiri dan masuk kamar. Ia tahu tidak ada yang bisa merubah keputusan Hye Jun.

Jeong Ha bertemu klien yang direkomendasi Seo U, rekan main Hye Jun. Jeong Ha tidak tahu itu dan ia menerangkan kalau ia tidak berpacaran dengan Hye Jun.

Hye Jun menemui Min Jae dan berkata kalau ia memutuskan menjalani wamil. Ia telah meletakkan namanya di dunia entertainment, tidak aktif selama dua tahun, tidak membuatnya khawatir. Hye Jun menawarkan kelanjutan kontrak 3 tahun, termasuk wamil. Min Jae minta 4 tahun, pembagian 30 – 70%. Setuju.

Karyawan Tae Su memberi tahu kalau reporter Su Man mencarinya untuk menjelaskan tentang hutang-hutang orang tua Do Ha. Tae Su menyuruh agar minta artikel dihentikan. Do Ha menelpon dan berteriak. Artikel sudah dimuat.

Tae Su menemui Su Man, ia tidak peduli Do Ha jatuh atau tidak. Tapi, ia tahu Su Man tidak sekejam dirinya. Apa Su Man mau berubah menjadi Tae Su 2.0?

Jeong Ha seolah melihat Hye Jun, saat ia bertemu Hae Hyo di perpustakaan. Hae Hyo sebetulnya ingin memberi tahu kalau besok ia mulai wamil. Tapi, ia hanya bisa melihat Jeong Ha menaiki bis untuk pulang.

Saat di rumah, Jeong Ha mematikan tv yang menyiarkan wawancara Hye Jun. Ia mengenakan sneakers yang diberikan Hye Jun yang terasa nyaman saat dipakai, meneguk minuman dingin dan menatap ke luar.

Hae Hyo menatap kamarnya untuk terakhir kali. Ia turun dan memeluk ibunya. Ia hanya berkata kalau ia mencintai ibunya, tetapi tidak memberi tahu kalau ia pergi wamil. Hae Hyo memberi tahu Jin Wu – Hye Jun via text.

Yi Yeong membaca surat perpisahan Hae Hyo. Ia tahu betapa tinggi hatinya ia dulu, merasa bisa meraih segalanya tanpa dukungan keluarga. Sekarang, ia sadar, keluarganya adalah salah satu kekuatannya. Yi Yeong memeluk surat itu dan menangis.

Jin Wu datang ke kamar Hye Jun yang membereskan baju untuk ia berikan ke Jin Wu sebelum wamil, ia juga memberikan sumbangan agar Jin Wu bisa membuka foto studio segera.

Pesta perpisahan Hye Jun diadakan, dihadiri keluarga Sa dan keluarga Kim. Kedua keluarga sudah tahu mengenai bahu Yeong Nam, kecuali Gyeong Jun. Mereka lalu membandingkan periode waktu wamil per generasi.

Do Ha juga menemui Tae Su, menanyakan apakah sebaiknya ia ikut wamil saja, agar Su Man tidak lagi menyerang mereka. Tae Su menyuruh Do Ha wamil, nanti saat wajahnya tidak laku lagi.

Hye Jun menanda tangan buku petugas kebersihan perpustakaan yang mengaku cucunya fan Hye Jun. Hye Jun mengucapkan selamat berpisah pada tempat yang ia cintai.

Hye Jun melakukan live video untuk para fans dari kamarnya. Ia berterima kasih dan menerangkan rencananya untuk segera melaksanakan wamil. Fans menyatakan ketidak percayaan mereka.

2 tahun kemudian

Su Bin sekarang bekerja untuk Jeong Ha, dan mereka berdiskusi tentang jadwal hari ini. Min Jae – Hye Jun bertemu dengan penulis dan sutradara drama baru.

Keluarga Sa menghadiri penghargaan untuk kakek Min Ki yang dipilih para pengiklan. Kakek Min Ki mengucapkan pidato yang isinya rasa bersyukur dan terima kasihnya pada anaknya, Yeong Nam.

Perkataan kakek Min Ki membuat Yeong Nam berani meminta maaf pada Hye Jun. Yang paling Yeong Nam sesali adalah pernah memukul Hye Jun. Itu karena ia marah pada dirinya sendiri yang tak bisa melakukan apa-apa untuk mendukung Hye Jun.

Hye Jun juga minta maaf telah membenci ayahnya, tapi sekarang tidak lagi, karena ayahnya telah menyetujui dan menerima dirinya. Apa mereka sekarang berpelukan… Oh, tentu tidak. Mereka berpandangan dari ujung kamar, saling tersenyum, lalu tertawa.

Kali ini Yi Yeong tersenyum saat tahu Hae Hyo akan pergi menemui teman-temannya. Jin Wu kaget saat Hye Jun – Hae Hyo setuju berfoto di studionya, mereka berdua bintang terkenal. Hae Hyo sekalian ingin menunjukkan ototnya, yang ditolak dengan sukses oleh kedua sahabat karibnya.

Jeong Ha bertemu dengan Hye Jun di lokasi shooting secara tidak sengaja. Mereka berbincang sambil berjalan-jalan. Masa depan ada di hadapan mereka dan hari-hari berjalan sebaik yang bisa mereka harapkan, seperti jalan panjang terbentang yang mereka lewati bersama hari ini.

TAMAT

Komentar aku: ****/*****. 4 dari 5 bintang. Ahh,,, perjalanan menuju dewasa! Kecemburuan, kesedihan, kegagalan, keputus asaan, kegembiraan, kendala, kesuksesan, cinta, patah hati, ditolak, harga diri, persaingan, persahabatan, pertengkaran, kesalah pahaman, dan semuanya menjadikan mereka seperti diri mereka saat ini. Hye Jun – Hae Hyo – Jin Wu – Jeong Ha – Hae Na – Ji A dan seluruh keluarga dibelakang mereka.

Aaaaaaaaaaaa… aku akan kehilangan menonton ‘Record of Youth’ ini.

Akhirnya pun dibuat ‘open ending’, karena hidup mereka tidak berhenti saat mereka berusia 30 tahun. Akan ada lagi, sejarah mungkin berulang, tapi pastinya mereka akan menorehkan cerita baru di hidup mereka. Yup, aku suka ending ini.

Untuk trio Su Man – Tae Su – Do Ha, mereka pun tidak punya ending. Mereka juga akan menorehkan cerita mereka masing-masing. Sayangnya, di dunia nyata pun, sering kali orang-orang seperti mereka mempunyai jalan dan tempat untuk sukses, meski sukses mereka melulu berupa uang. Well, we’ll never know. Tinggal kita yang memilih kehidupan seperti apa yang ingin kita buat sukses?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: