Missing: The Other Side Ep. 12.2

Episode 12.2: Mengucapkan Selamat Tinggal pada Desa Duon

Yeo Na melihat rumahnya di desa Duon untuk terakhir kali. Yeo Na tahu saatnya sudah tiba. Thomas mengucapkan selamat tinggal padanya. Polisi membawa jasad Yeo Na dari dalam laut. JunHo jatuh terduduk, hatinya hancur.

Pan Seok dan Kim Wuk membakar kertas halaman Yeo Na. Mereka juga mengucapkan selamat tinggal.

The Robin Hood Squad pergi ke rumah pemakaman Yeo Na. Kim Wuk memberi tahu Yeo Na pergi dengan bahagia, karena JunHo menepati janjinya. Ibu JunHo datang dan meminta maaf telah berlaku kejam pada Yeo Na semasa hidupnya.

Il Du memberi tahu keluarga Myung Jin punya pemakaman di dekat Duon-Ri. Mereka akan menyisir daerah itu segera.

Yeo Hee datang dan minta maaf pada JunHo. Ia melihat foto Yeo Na dan kalung yang dikenakannya, kalung milik Su Yeon. Ibu JunHo memperhatikan dari jauh, terdiam.

Pan Seok memberikan nama dan alamat pengemudi tabrak lari yang menewaskan Beom Su 3 tahun lalu. Il Du mulai curiga karena Pan Seok selalu tahu tentang korban-korban kecelakaan atau kejahatan.

Kim Wuk berbincang dengan Hyun Mi. Yeo Na pernah mengira Kim Wuk bisa melihat mereka karena ibunya ada di sini. Boem Su tiba-tiba berlari senang, ia akan bertemu keluarganya. Selamat tinggal…

Yeo Hee mengundang JunHo. Yeo Hee memberi foto Su Yeon mengenakan kalung itu. Jadi, JunHo cucu Yeo Hee? Yeo Hee menangis dan tertawa bersamaan. Cucuku, cucuku…

Ibu JunHo akhirnya mengakui semuanya. Ia melakukan semuanya untuk melindungi JunHo. Ia tidak ingin ada orang menghubungkan JunHo dengan panti asuhan itu.

JunHo menatap fotonya bersama Yeo Na dan mulai menyalahkan dirinya. Ia mulai kesulitan bernafas, ibunya memeluk erat dirinya.

Il Du menemukan beberapa tengkorak dalam satu kuburan. Ia berjanji akan memberi tahu Pan Seok hasilnya. Tiba-tiba Pan Seok jatuh terduduk, ia tidak lagi bisa melihat desa Duon. Hyun Ji telah ditemukan. Kim Wuk memberi tahu penduduk desa.

Pan Seok mengunjungi rumah abu istrinya. Ia minta maaf, tapi sekarang keluarganya telah berkumpul. Ia minta istrinya menjaga putri mereka di alam sana.

Yeo Hee minta JunHo tidak membenci ibunya. JunHo punya banyak waktu di depan untuk melupakan dan memaafkan.

JunHo memberi tahu kalau Hyun Mi dan det. Park mungkin dikubur di dasar apartemen, yang diawasi pembangunannya oleh Dong Min.Kim Wuk menitipkan penduduk dan pamit ke Thomas, kalau-kalau sebentar lagi ia pun tidak bisa melihat desa Duon.

Hyun Mi menghilang, dan sebelumnya mereka berpamitan, ia berkata kalau ia sangat mencintai Kim Wuk.

Kim Wuk dan Pan Seok jongkok di ujung bukit. Mereka tidak lagi bisa melihat desa Duon.

The Robin Hood squad, atau mereka menyebut dirinya ‘The Musketeers’, menyambut kedatangan Musketeer ke-empat, Pan Seok. Padahal Pan Seok ingin pensiun.

JunHo memperkenalkan dirinya kembali, ia resmi bergabung dengan satgas orlang. Di meja JunHo, terletak foto dirinya dan Yeo Na.

Tiba-tiba TV menyiarkan berita mereka menemukan sembilan sisa-sisa dari jasad para pejuang kemerdekaan dekat sungai Amnok. Mereka berharap salah satunya adalah Thomas. Thomas membuka pintu dan tersenyum menyiratkan selamat tinggal.

Seorang anak perempuan tidak sengaja melempar bola ke kepala Kim Wuk. Lalu ia pergi ke teman-temannya berkata kalau ia melihat ayah Hyun Ji. Mereka semua berlari dan pintu dimensi pun menutup.

TAMAT

Komentar aku: 5/5! AAAAAAAAAAAAAAhhhh. Aku benar-benar senang dan terhibur, meski banyak tragedi dan kesedihan, tapi itulah hidup. Ada banyak desa-desa seperti Duon di semesta ini. Lalu, meski semua tokoh di sini kehilangan seseorang, mereka tetap berusaha membantu para penduduk. Il Du  – JunHo dengan satgas nya dan The Three Musketeers menggantikan The Robin Hood Squad, yang dulu menolong orang hidup yang kena tipu, sekarang menolong jiwa-jiwa yang singgah di desa orang hilang.

Kudos untuk penulis, sutradara, pemain, terutama Heo Joon Ho! I love you all!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: