Tale of the Nine-Tailed Ep. 01.1

Prologue: Tahun 1999, Ji Ah berkendara bersama orang tuanya di daerah Yeou Gogae (Punggung Bukit / Pegunungan Rubah). Sesuatu menabrak mereka, menyebabkan kecelakaan. Ji Ah tersadar, melihat darah menetes dari kedua orang tuanya. Ia melihat ada orang berjalan di samping mobil, tahu-tahu tampak wajah kedua orang tuanya melihat ke dalam.

Ji Ah terbangun, seperti habis bermimpi buruk. Saat ia melihat mainan yang patah, orang tua yang menertawakan kemalangan, dan ‘ibu’ yang tidak tahu tentang alerginya, Ji Ah yakin mereka palsu. Ia berlari dan mengunci pintu kamar.

Ji Ah mengintip dari balik jemari, terlihat seorang pria membawa payung, mengeluarkan cahaya dari tangannya dan mengatakan ia bukan A Eum? Sang pria melihat Ji Ah dengan mata yang berkilauan, menyuruh melupakan apa yang terjadi.

Tahu-tahu Ji Ah sudah ada di tempat kecelakaan. Mobilnya masih ada, tapi orang tuanya menghilang. Pria itu memperhatikan Ji Ah dan para polisi dari atas bukit.

Episode 1: Insiden yang Terjadi di Yeou Gogae

Lee Yeon mendatangi balai pernikahan untuk mengambil nyawa rubah betina yang menitis menjadi pengantin wanita. Rubah betina itu telah banyak memakan manusia. Si rubah minta maaf, tapi Lee Yeon tidak bergeming. Mereka diinterupsi oleh penyelenggara yang minta pengantin masuk ruang upacara.

Ji Ah pergi ke tempat yang sama untuk bertemu dengan nara sumber. Sesampainya di sana, ia menerima khabar kalau nara sumber menghilang.

Lee Yeon menutup pintu, mematikan semua CCTV, mengalahkan teman-teman dan pengantin pria. Ia berpesan pada rubah betina saat menitis lagi, jangan pernah jatuh cinta pada manusia. Lee Yeon menusukkan pedang, dan siluman rubah menghilang menjadi abu.

Ji Ah melihat Lee Yeon keluar bersama kerumunan orang-orang dari ruang pernikahan yang batal. Ia bergidik saat Lee Yeon melewatinya. Jae Hwan mengajak Ji Ah mencari tahu kehebohan di ruang seberang. Ji Ah setuj dan meneliti baju pengantin yang tertinggal.

Ji Ah merasa ada yang tidak beres. Ada robekan dan bekas darah di lengan baju pengantin. Artinya, pengantin wanita melawan. Juga, kenapa baju pengantin dilepas? Ji Ah menyuruh Jae Hwan memeriksa rekaman CCTV.

Ji Ah membawa bulu yang ia temukan ke Shin Ju. Shin Ju mengkonfirmasi kalau itu bulu rubah merah. Rubah merah sedang direvitalisasi, bisa saja salah satunya nyasar. Tapi, Ji Ah pernah menjadi asisten direktur program binatang, jadi tepatnya, bagaimana bulu rubah merah bisa ada di balai pernikahan?

Shin Ju langsung menghubungi Lee Yeon… kode merah, kode merah…

Lee Yeon sedang duduk di taman, memikirkan apa yang baru saja terjadi. Ia ‘memanggil’ balon yang terbang milik seorang anak perempuan yang menangis. Anak perempuan itu berterima kasih.

Anak laki-laki terkesima melihatnya. Ia duduk di samping Lee Yeon, apa Lee Yeon alien? Lee Yeon jujur berkata ia rubah yang berusia lebih dari 1000 tahun dan sedang menunggu kekasih hatinya. Rubah hanya bisa mencintai satu orang, dan ia tidak menghadapi itu dengan baik. Dan, mereka tidak bisa berteman, karena umur manusia terlalu pendek untuk bisa saling mengenal dengan baik.

Ia memberi nasihat, umur manusia itu pendek jadi lakukan yang terbaik, tapi lepaskanlah saat sudah tidak bisa bertahan lagi. Itu berlaku untuk hubungan dan cinta dan lainnya. OK? OK…

Lee Yeon pergi ke kantor Imigrasi Dunia Akhirat, menemui nenek Taulipa dan bertanya sampai kapan ia harus terus bekerja seperti ini? Taulipa mengingatkan, Lee Yeon yang memilih meninggalkan status sebagai dewa gunung demi menghidupkan kembali A Eum. Atau, haruskah perjanjian mereka dibatalkan?

Lee Yeon ‘mendoakan’ Taulipa cepat dikirim ke Neraka, ingat hati yang baik itu sumber hidup panjang. Ia lalu pergi dan tak menghiraukan sapaan Hyeon Ui Ong, penjaga gerbang sungai menuju neraka.

Di kantor produksi ‘Membuka Tabir Legenda Urban’ (MTLU), satu dinding penuh berisi cerita dan foto legenda urban. Ji Ah sedang mempelajari rubah merah. Suk Tae, manager tim, mengajak mereka rapat saat Jae Hwan membawa info terkini. Mereka memperhatikan video sosok pria misterius berpayung merah.

Yang tidak lazim, saat keluar, pria misterius tetap pakai payung meski tidak hujan. Sementara pengantin wanita tidak terlihat pergi bersamanya. Jae Hwan mengatakan tidak ada video pengantin wanita meninggalkan gedung.

Lee Yeon makan hidangan tradisional bersama Shin Ju, seekor rubah yang selalu membantu Lee Yeon. Shin Ju khawatir akan Ji Ah.

Benar saja, di TV ada pemberitahuan hadiah bagi yang bisa menemukan ‘Si Payung Merah’ dari MTLU. Lee Yeon menyuruh Shin Ju memberi tahu manusia, tangkaplah ia kalau bisa!

Bersambung

Komentar aku: aaaa… Aku suka! Legenda-legenda seperti ini, seperti juga ‘Mystic Café Pop-Up’ membuat aku jadi semangat, karena ada efek mencari tahu cerita legenda. Legenda Rubah itu sangat umum di Jepang, Cina dan Korea. Rubah yang menitis menjadi wanita muda cantik jelita dan bayar apa-apa pakai uang daun. Hihihi…

Indonesia banyak lho legenda yang asyik kalau dijadikan drama. Hanya, kenapa jadinya selalu pakai melotot-melotot, musiknya selalu horror, sering ceritanya lari ke mana-mana (figuratif dan harafiah). Dibuat seperti ‘Tilik’ begitu… kan kita harus solatip eh… solutip.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: