Missing: The Other Side Ep. 01.2

Gerombolan bergerak menjauh. Kim Wook berbalik dan tanpa ia sadari, memasuki dunia lain. Ia masuk ke café Hawaii. Thomas memberinya mesin telpon kuno pada Kim Wook, tentunya tidak bekerja. Tidak ada signal atau ponsel atau kantor telpon di sesa ini.

Kim Wook berlari ke luar dan bertemu Pan Seok. Pan Seok terbeliak saat Kim Wook mengatakan ia melihat seorang gadis membawa ponsel, dan menyuruh Kim Wook pulang.

Kim Wook ketinggalan bis yang hanya datang sekali sehari. Mau tak mau ia kembali ke desa dan masuk ke café Hawaii. Kim Wook kagum dengan keantikan kamar tidur di kastil Thomas, seperti dari zaman seabad yang lalu. Thomas tersedak dan menyuruhnya segera pergi esok hari.

Kim Wook keluar saat mendengar suara tangis. Seorang bocah, mengaku bernama Seo Ha Neul, menangis karena kangen ibunya. Kim Wook membujuk dan berjanji akan membantu Ha Neul pulang. Ia melihat bekas luka di tangan Ha Neul, dan teringat pamflet anak hilang di halte bus… Seo Ha Neul.

Kim Wook curiga Thomas dan Pan Seok adalah anggota gerombolan yang menculik Ha Neul.

Yeo Na tidak sengaja mendengar percakapan Byeong Eun – Pan Seok. Byeong Eun berkata tidak semudah itu mengusir Kim Wook keluar desa. Pan Seok menegur Byeong Eun untuk pulang, karena sudah cukup membuatnya mencurigai wanita yang tidak bersalah. Byeong Eun bersikeras istrinya membunuhnya untuk mendapatkan uang ganti rugi perluasan jalan.

Pan Seok nyaris menghantam Byeong Eun. Tapi raut muka sedih Byeong Eun menghentikannya. Pan Seok bukannya tidak berusaha, ia pernah melapor ke polisi. Tapi polisi menganggapnya gila.

Pagi hari, saat mencari Ha Neul, Kim Wook dikejutkan oleh nenek Mi Ja. Tapi, sebelum berkata banyak, Hyun Mi mengejutkan mereka. Nenek Mi Ja berpura-pura menderita dementia. Kim Wook semakin yakin seisi desa berkomplot menculik Ha Neul.

Beom Soo melapor kalau Ha Neul dibawa Kim Wook. Koper Kim Wook dibuka paksa, tapi isinya herbal pemberian nenek Mi Ja.

Kim Wook memanggil Ha Neul yang bersembunyi dan memasukkannya ke dalam kopor. Kim Wook menarik kopor sampai batas desa, sewaktu di buka, kopor sudah kosong.

Kim Wook terburu-buru menghentikan bis dan pinjam ponsel supir. Ia menelpon polisi dan melaporkan kalau Seo Han Neul ada di desa Duon.

Il Do yang sedang menyisir hutan berhenti dan pergi saat rekannya memberi tahu ada yang melihat Ha Neul kemarin.

Kim Wook kembali ke desa dan melarikan Ha Neul. Kali ini, nenek Mi Ja mengajaknya bersembunyi di rumahnya. Saat mereka masuk, nenek Mi Ja menghilang dan rumahnya berubah menjadi rumah tua dan terbengkalai.

Pan Seok menonton TV yang memutarkan berita tentang jasad seorang nenek tua yang menderita dementia ditemukan di pinggir laut. Nenek bernama Choi Mi Ja pergi dari panti jompo dan tidak pernah kembali. Polisi akan menyelidiki kasus ini. Berita kedua tentang pembangunan jalan tol.

Kim Wook yang menggendong Ha Neul melihat Pan Seok dan mengejarnya. Pan Seok memberi tahu Byeong Eun kalau pembangunan tol akan dimulai. Byeong Eun tertawa, artinya si istri memang membunuhnya. Kim Wook tertegun dan bertanya siapa dibunuh siapa?

Byeong Eun berkata ia yang dibunuh, apa Kim Wook tidak tahu kalau desa ini berisi orang-orang yang telah mati? Dengan mata kepala sendiri, Kim Wook melihat Byeong Eun menguap di depannya. Juga, seluruh properti Byeong Eun.

Kim Wook tidak ingin penjelasan Pan Seok. Ia berlari ke depan dan melihat Ha Neul. Artinya… Ha Neul sudah meninggal?

Bersambung

Komentar aku: Hauuu… episode pertama cukup baik. Ada sinisme dari Joon Ho, yang sangat dimengerti. Aku tidak yakin bagaimana mereka yang bekerja di bagian pembunuhan bisa tetap waras setelah melihat sekian banyak orang disiksa dan dibunuh. Ada humor dari Kim Wook dan Pan Seok, meski satir. Ada kesedihan dari Ha Neul. OMG… bertemu dengan arwah anak yang dibunuh… cry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: