Chip In Ep. 05.01

Episode 05.1: Berkontribusi Berlima

Prologue: TV menyiarkan berita penahanan 5 orang tersangka pembunuhan pelukis Yoo In Ho. Pertanyaan utama, apakah semua bisa didakwa sebagai pembunuh apabila masing-masing memiliki kontribusi pada pembunuhan itu? Setiap panelist di acara TV dan netizen memberikan pendapat yang berbeda-beda. Pengadilan membebaskan mereka karena tidak ada bukti kuat.

Saat di interview di TV, mereka berempat membela diri dan sibuk melemparkan kesalahan pada yang lainnya. Pembawa acara yakin interview ini akan mendapat rating tinggi.

Upacara pemakaman dimulai di gereja, dihadiri keluarga, teman, pengacara dan dokter pribadi Yoo In Ho.

Tiga hari yang lalu, Bit Na terbangun pukul 3.30 pagi dan bergabung dengan Go Seon yang membuat ‘murder board’. Tapi tidak ada yang punya motif cukup kuat untuk membunuh In Ho. Mereka lalu meneliti setiap sudut rumah. Nihil. Go Seun berkata bisa saja yang mengirim surat itu salah satu dari mereka berdua. Nope. Kalau begitu, kenapa Bit Na tidak dapat surat? Seol Young mendengarkan keduanya dari dapur.

Polisi datang lagi. Perkataan Seol Young dan dokter pribadi sama, tidak ada yang aneh saat shock sebulan yang lalu. Bit Na memberi tahu Det. Hong kalau dokter tidak memasukkan insiden itu dalam catatan kesehatan pak Yoo, dengan alasan itu hanya panggilan rumah dan tidak ditemukan kelainan. Dokter menolak menjawab pertanyaan lain dari Bit Na.

Bit Na menambahkan Seol Young ke murder board sebagai tersangka. Ia mencari tahu soal Seol Young di internet. Go Seon menganggap Bit Na terobsesi pada Seol Young, sementara jelas-jelas Ji Hye yang menjadi perusak rumah tangga In Ho. Bit Na membela diri, kalau ia hanya kasihan pada ibunya. Go Seon memberi saran:

‘Ayah ku adalah ayah ku. Aku adalah aku. Kamu terlahir di dunia ini, tanpa punya hak untuk menerima atau menolak dilahirkan. Jadi, kenapa hal itu menjadi kelemahanmu? Untuk dapat menerima semua itu, kau harus menerima kenyataan.’

Mereka berdua tidur di kemah. Go Seon tidak ingin Bit Na tidur sendirian.

Kelima penghuni akhirnya kembali dari kantor polisi. Begitu duduk, mereka langsung membahas siapa yang mengirim surat itu. Hae Joon mengatakan apakah mungkin pengacara Jin terlibat?

Bit Na bertemu pengacara Jin. Tidak seorang pun pernah bertanya isi wasiat terbaru. Surat wasiat awal dibuat saat In Ho tahu dirinya sekarat, lalu diubah dratis enam bulan lalu dengan perubahan beberapa kali setelahnya. Pengacara Jin hanya merasa aneh saat Seol Young menanyakan registrasi pernikahan. Tidak biasa orang melangsungkan pernikahan saat mereka tahu pasangannya diambang maut.

Setelah pemakaman, dokter pribadi In Ho mengatakan kalau shock yang dialami disebabkan karena obat tidur. In Ho mengatakan yang memberi pil tidur itu Seol Young. Seol Young juga yang meminta hal itu tidak ditulis di catatan kesehatan In Ho.

Bit Na menghentikan mobil Seol Young dan masuk ke dalam mobilnya. Seol Young mengakui ia memberi In Ho pil tidur dan baru sadar tentang alergi setelahnya. Kalau Bit Na mau silahkan buat bukti palsu dan ajukan ke polisi. Seol Young berkata Bit Na tidak pernah berubah, selalu mendewakan Ji Hye, sama seperti dulu. Bit Na langsung teringat saat ia tenggelam dan minta diturunkan di tengah jalan.

Yang Bit Na ingat saat ia nyaris tenggelam Seol Young hanya diam berdiri di tepi pantai…

Bersambung

Komentar aku: yup, pikiran, apalagi di drama, bisa menipu. Huh… hehehe… Omongan Go Seon itu benar, tidak seorang pun bisa minta dilahirkan atau menolak dilahirkan. Go Seon dan Bit Na sama-sama dilahirkan dengan keluarga yang tidak mendukung. Go Seon, ayahnya keluar masuk penjara dan Bit Na, anak diluar nikah. Wow… jadi serius…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: