Graceful Friends Ep. 5.2

Rating: M, R-19+

Kyu Ja mencoba mencari tahu kenapa Hyung Woo tidak pulang dan bersikap aneh. Ia sengaja berkunjung ke rumah Eun Shil. Eun Shil dengan polosnya berkata kalau Choon Bok mengaku mereka berempat bermalam di sauna. Eun Shil yakin Choon Bok tidak ke rumah Jae Hoon, karena Choon Bok tidak bisa berbohong dan badannya akan gatal-gatal kalau ketahuan bohong. Eun Shil juga memberi tahu kalau Myeong Sook akan berangkat ke Canada besok, bersama putrinya, Soo Ah. Mendengar itu, Kyu Ja mengundang Myeong Sook dan Jung Hae untuk datang ke makan malam perpisahan.

Det. Tae Wook yang mengawasi apartemen, melihat mobil box delivery berhenti di depan area masuk. Supir mobil menjawab mereka bekerja 24 jam penuh dalam melakukan pengiriman.

Polisi berhasil mendapatkan data HP Kang San. Salah satu no telp adalah milik Ji Wook. Ji Wook sedang berlatih golf saat polisi datang. Ji Wook mengaku kenal Kang San yang mengaturkan kencan buta dengan seorang gadis. Saat terakhir bertemu, Ji Wook melihat kalau Kang San sedang gembira karena rencananya berhasil dengan sukses. Tapi, Ji Wook hanya memberi tahu Det. Tae Wook kalau tidak ada yang aneh dari sikap Kang San. Ji Wook juga mengaku ia tidak punya no telp. gadis itu, tapi tahu namanya, Kang Mi Ra.

Saat Ji Wook pergi, mereka memeriksa daftar no telp. Tapi, tidak ada nama Kang Mi Ra dalam list tersebut.

Hyung Woo dan Choon Bok minum di depan supermarket, karena bar OW tutup. Tapi, saat mereka mau ikut Jae Hoon, Jae Hoon menolak dan menyuruh mereka bertiga minum di depan supermarket saja. Jae Hoon mengaku kalau ia pun sangat penasaran ingin tahu apa hubungan Goong Cheol dengan Kang San.

Polisi mengawasi ke mana Goong Cheol dan Jung Hae pergi. Goong Cheol pergi merayakan ulang tahun pemilik outlet High Five Chicken. Sementara, Jung Hae pergi ke restoran, merayakan pesta perpisahan.

Kyu Ja, Eun Shil dan Myeong Sook sudah sampai terlebih dulu. Saat Jung Hae datang, Myeong Sook pamit pergi, ia merasa tidak enak badan. Jung Hae berlari menyusul Myeong Sook, membujuk Myeong Sook agar mau berbicara dengannya. Jung Hae mengatakan kalau Man Shik sering berkirim pesan dengan Jung Hae adalah karena mereka menjadi sukarelawan di panti jompo. Man Shik bekerja sukarela di panti jompo untuk membantu mengatasi depresi yang dideritanya. Jung Hae berkata mungkin Man Shik menjadi depresi karena terlalu apatis.

Myeong Sook heran, Man Shik yang tidak pernah mengeluh dan marah, itu apatis? Apa bukan karena Man Shik tidak bisa minta cerai dan menikahi wanita muda yang menangis begitu sedihnya di pemakaman Man Shik dan terpaksa bertahan dengan istri yang sudah tua dan terus menerus minta uang? Myeong Sook mengatakan ia memaafkan Jung Hae, tetapi tidak bisa memaafkan Man Shik.

Saat pulang ke rumah, Goong Cheol bertanya bagaimana pesta perpisahannya? Jung Hae tersenyum dan minta disediakan anggur. Jung Hae berkata kalau Myeong Sook menjadi lebih benci dan marah saat Jung Hae memberi tahu kondisi Man Shik. Jung Hae bertanya, apakah Goong Cheol mempercayai Jung Hae karena Jung Hae atau ingin mempercayai ilusi tentang Jung Hae yang dimiliki Goong Cheol? Goong Cheol berkata kalau Jung Hae adalah Jung Hae. Goong Cheol balik bertanya, apa ada sesuatu yang terjadi? Jung Hae menjawab kalau ia lelah dan minta diperbolehkan berada dalam pelukan Goong Cheol untuk beberapa saat.

Di kantor polisi, divisi Investigation Team Detective Crima 1. Sr. Detektif So Kyung Mo mendatangi Det. Tae Wook yang tertidur kelelahan. Saat ditegur, Det. Tae Wook mengatakan kalau ia telah mendapatkan bukti tersangka pembunuhan yang dia temukan dari rekaman kamera dashboard mobil box delivery. Det. Tae Wook langsung berlari untuk mengambil bukti dan menyiapkan penahanan.

Keempat sahabat menemui Myeong Sook dan Sook Ah di bandara. Mereka seolah mengenal dekat Sook Ah, karena Man Shik selalu bercerita dan membanggakan putri tunggalnya pada mereka. Mereka juga berjanji akan urunan membantu biaya kuliah Sook Ah. Sook Ah mengaku ia kesal pada Man Shik, tapi terlebih lagi, kepergian Man Shik membuat Sook Ah kehilangan semangat untuk belajar. Selama ini, sikap Sook Ah memang seperti tidak peduli. Padahal, Sook Ak belajar sekuat tenaga agar bisa membuat Man Shik bangga dan tidak lagi rendah diri. Sook Ah sedih, ia tidak ingin Man Shik pergi dengan salah mengerti sikap Sook Ah selama ini.

Selesai bertemu, Goong Cheol menerima telpon dari Det. Tae Wook yang mengabarkan kalau istrinya, Jung Hae, datang ke kantor polisi dan menyerahkan diri. Mereka berempat terburu-buru berlari ke kantor polisi.

Epilogue: Hari Professor Han Eun Shik Terbunuh

Di kantor polisi, Det. Tae Wook menginterogasi kelima sahabat muda. Semua mengaku telah berkata jujur. Goong Cheol menekankan kalau mereka semua sedang berlatih final untuk pementasan teater. Karena kurang bukti, Det. Tae Wook melepaskan mereka.

Saat mereka keluar dari kantor polisi, mobil polisi masuk. Pintu mobil polisi terbuka dan Hae Sook digelandang keluar. Mereka berlima berbalik. Det. Tae Wook bertanya siapa yang mereka bawa? Polisi membenarkan kalau mereka berhasil menangkap tersangka pembunuhan.

Bersambung

Komentar aku: Sepertinya, kemarahan Myeong Sook dan perasaan bersalah Jung Hae menjadi pemicu Jung Hae akhirnya pergi ke kantor polisi. Kasihan juga, karena Jung Hae tidak pernah mengundang Kang San untuk menemaninya minum atau bertemu di luar sesi latihan golf. Sulitnya lagi, Kang San pemeras & penjudi kelas kakap yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kepuasan dan uang dari pemerasan.

Di satu sisi, aku kagum sama Sook Ah. Mulai beranjak dewasa. Sook Ah tahu ayahnya menderita rendah diri dan lelah. Ayahnya yang membuat Sook Ah belajar giat di luar negeri. Sook Ah, Man Shik pasti sayang sekali padamu. Setiap kali bertemu sahabat-sahabatnya, ia selalu membanggakan kamu. Juga, mau menerima kondisi dan meminta bantuan profesional bagi seorang penderita depresi itu tidak mudah, lho. Kudo untuk penulis yang memperhatikan detail ini.

Penampar & pengambil foto-foto Jung Hae aku duga adalah Jae Hoon. Jae Hoon sepertinya punya obsesi pada Jung Hae sejak kuliah. Atau, ia ingin melindungi Jung Hae – Goong Cheol?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: