My Unfamiliar Family Ep. 5

Yang terjadi sebelumnya adalah: mereka, Eun Joo dan Eun Hee, bertengkar tentang indikasi Sang Shik mencoba bunuh diri, yang Eun Hee dengar dari Tae Hyung kemarin. Eun Joo bersikeras kalau masalah yang dihadapi Sang Shik hanya depresi. Eun Hee bingung karena tidak mungkin orang seperti ayahnya akan bunuh diri. Eun Hee juga menegur Eun Joo yang dirasa semakin kasar dan sinis.

Lalu, mereka bertengkar lagi tentang keputusan Jin Sook kabur bersama Eun Joo. Eun Joo kesal karena yang dia ingat saat dia pulang adalah Eun Hee yang pakai pakaian dan bando baru, juga makan makanan hangat, sementara Eun Joo merasa kedinginan, kelaparan dan terlebih lagi tidak bisa masuk sekolah. Sebaliknya, Eun Hee teringat kalau dia menangis setiap malam, tetapi Eun Joo pulang, tersenyum sambil membawa bunga liar, bersikap seolah tidak ada yang salah. Yang benci sekolah Eun Hee, tapi kenapa Jin Sook memilih membawa Eun Joo? Eun Joo berpendapat itu karena Jin Sook selalu pilih kasih pada Eun Hee dan Ji Woo, jadi Jin Sook tidak ingin melihat Eun Hee menderita.

Tidak berhenti di situ, keduanya bertengkar lagi tentang siapa yang bekerja lebih keras saat masih kuliah. Chan Hyuk memperhatikan pertengkaran kedua saudari itu tanpa daya.

Tunangan Geon Joo, Ha Ra, menyindir kebiasaan Geon Joo yang kemana-mana membawa HP, bahkan saat buang sampah, seperti orang yang berselingkuh. Geon Joo berkata kalau dia tidak punya selingkuh, karena mereka sudah putus. Meski Ha Ra menolak mengakui putusnya mereka, Geon Joo tetap bersikeras dan menyuruh ha Ra membawa foto di atas meja lemari.

Eun Joo membawa Eun Hee yang mabuk berat pulang ke rumahnya. Eun Hee langsung menggeletak di sofa, setelah sebelumnya memeluk Eun Joo dengan erat sambil mengeluh kenapa dia tidak sepintar Eun Joo.

Jin Sook memasakkan bekal untuk Sang Shik, sementara Sang Shik menulis surat di kamarnya.

Chan Hyuk menemukan Ji Woo masih ada di kantor. Mereka minum-minum bersama. Saat terlalu mabuk, Ji Woo kelepasan bicara kalau Eun Joo bukan anak biologis Sang Shik. Sementara Chan Hyuk mengakui kalau dia menyukai Eun Joo.

Jin Sook pergi bersama Sang Shik ke Ulsan. Mereka berdua dulu sering mengucapkan kalau mereka mencintai satu sama lain lewat surat-surat yang diselipkan di bekal makanan atau minuman. Surat itu yang ditulis Sang Shik malam sebelumnya.

Eun Hee bangun dari mabuk beratnya dan men-charge HP di laptop Tae Hyung. Saat itu dia menemukan chat Tae Hyung di group gay. Eun Joo melihat raut muka Eun Hee, tahu kalau ada yang tidak beres dan merebut laptop dari tangan Eun Hee. Eun Joo membaca chat tersebut.

Masa lalu… Jin Sook menyiapkan makan besar dan menyuruh semua orang berdandan untuk menyambut Tae Hyung. Sang Shik mengamuk karena dilarang makan terlebih dahulu dan menolak berganti baju atau pun bercukur. Jin Sook dan Sang Shik saling berteriak satu sama lain, yang didengar oleh Eun Joo dan Tae Hyung yang berdiri di luar. Tatapan Eun Joo yang penuh kekecewaan mengungkapkan segalanya.

Sang Shik terbangun dan berharap itu hanya mimpi buruk, bukan hal yang benar-benar ia lakukan.

Eun Hee menunggu di balik pintu kamar Tae Hyung, meminta Eun Joo berhenti membaca chat-chat yang ada. Sang Shik mengirim pesan ke Eun Hee bertanya tentang kejadian perkenalan Tae Hyung. Eun Joo membaca pesan itu dan menangis. Eun Joo membuka pintu, memberikan HP pada Eun Hee, dan menyuruh Eun Hee pergi.

Eun Joo mengingat semua yang telah ia lakukan untuk mendapatkan anak. Dengan penuh kemarahan, Eun Joo mencoba menghubungi Tae Hyung. Eun Hee selalu berada di sampingnya. Eun Joo semakin geram dan mengusir Eun Hee sambil mengeluarkan kalimat-kalimat yang keras.  Sampai akhirnya Eun Joo berlari ke dapur dan mengambil gunting. Eun Hee merebut gunting dari tangan Eun Joo dan memeluk erat Eun Joo, tidak mau melepaskan. Eun Joo jatuh terduduk.

Di kantor Golden Goose Media, Ji Woo tahu kalau Chan Hyuk mengingat semua pembicaraan mereka. Ji Woo senang karena punya teman berbagi, beban beratnya seolah terangkat. Chan Hyuk tidak mengerti kenapa dia harus terlibat sementara masalah menjadi semakin rumit.

Sang Shik dan Jin Sook berjalan di tepi pantai. Sang Shik mengakui kalau sebenarnya Young Shik tidak menjawab telponnya. Jin Sook menyuruh Sang Shik menghubungi orang yang dekat dengan Young Shik atau bahkan ibunya. Hanya, Sang Shik tidak bisa mengingat itu semua.

Eun Joo berkata kalau peranan mereka seperti saling bertukar. Eun Hee tidak mau meninggalkan Eun Joo, saat Eun Joo seperti itu. Eun Joo berkata kalau dia tidak ingin bunuh diri, tetapi ingin menggunting rambutnya, ingin merasa kepalanya lebih ringan, karena dadanya terasa sesak dan berat.

Eun Joo mengerti kenapa Tae Hyung sengaja meninggalkan laptop, pasti karena Tae Hyung tidak punya keberanian untuk mengungkapkan kebenaran. Eun Joo tersadar kalau sikap Tae Hyung yang dingin dan semakin menjauh itu bukan salah Eun Joo, begitu juga dengan keputusan Eun Joo untuk bercerai dengan Tae Hyung. Eun Joo tidak mau mendengar apa pun kata Eun Hee. Eun Hee mengingatkan kalau mereka ada di posisi yang terbalik, Eun Joo pasti akan menyuruh Eun Hee bersikap realistis, tidak emosional, minta 3x lipat kompensasi untuk tahun-tahun perkawinan yang sia-sia, melepaskan semua dan melanjutkan hidup. Eun Joo terdiam mendengarnya.

Rekan kerja Sang Shik memberi tahu kalau Young Shik melarikan diri di tengah malam tanpa jejak. Sang Shik mencoba mendatangi kediaman Young Shik, tetapi pemilik rumah kost memberi tahu hal yang sama. Sang Shik memutuskan pulang ke Seoul dan setelahnya akan bekerja kembali sembari mencoba mencari Young Shik.

Jin Sook mengantar Sang Shik ke RS bersama Eun Joo. Eun Hee menyusul. Jin Sook masuk ke ruang pemeriksaan dan menyuruh Eun Joo bertemu ibu mertuanya, Oh Mi Sook. Kebetulan hari ini Mi Sook tidak ada di RS. Eun Joo menghargai Eun Hee, hanya Eun Joo tidak ingin berbagi tentang masalah rumah tangganya. Hasil pemeriksaan fisik Sang Shik bagus. Jin Sook berkata kalau sang Shik mencampur adukkan ingatan, mimpi, harapan dan keinginannya. Dokter menyarankan pemeriksaan lebih lanjut.

Geon Joo menyuruh Eun Hee masuk ke ruang kerjanya untuk memberikan referensi, karena ada penerbit lain yang baru saja menerbitkan buku tentang meditasi. Eun Hee menjelaskan kalau dia tidak lagi menyukai bertemu secara rahasia. Pertama kali memang terasa menyenangkan dan menarik, tetapi kalau diulangi terus akhirnya menyakitkan, menyebalkan dan membuat Eun Hee seperti seorang pengecut. Karenanya, Eun Hee menolak ajakan Geon Joo untuk kembali bertemu.

Eun Joo mengantar orang tuanya pulang. Eun Joo akhirnya mengakui ke Jin Sook kalau ucapan ibunya agar selalu sabar akan kekurangan Eun Hee itu menyakitkan Eun Joo dan Eun Hee. Bagi Eun Joo, Eun Hee tidak berkekurangan, jadi sebaiknya Jin Sook tidak perlu berulang-ulang mengatakan hal itu.

Eun Hee mengajak Chan Hyuk bertemu. Chan Hyuk mengatakan kalau dia tidak sedang berhubungan dengan siapa pun. Eun Hee berkata kalau dia memutuskan hubungan dengan Mr. Player. Eun Hee mulai berbicara panjang lebar dan meloncat-loncat tentang Eun Joo. Eun Hee sangat menyesalkan sikapnya pada Eun Joo. Seharusnya, Eun Hee melarang Eun Joo menikah.

Saat Tae Hyung datang melamar, semua sinyal merah sudah terlihat, tetapi diabaikan oleh Eun Hee. Seperti, mereka baru tiga bulan bertemu, Tae Hyung menganggap Eun Joo tidak feminine, sikap Tae Hyung yang dingin. Chan Hyuk bertanya apakah ada masalah dalam pernikahan Eun Joo? Eun Hee mengalihkan pembicaraan dengan meminta Chan Hyuk menjaga Ji Woo.

Seo Young memberikan undangan pernikahan dari Park Yoon Ji yang wangi dan ada surat khusus di dalamnya.  Seo Young dan Ji Woo tidak berhenti meledek Chan Hyuk tentang undangan dari ex-kekasih Chan Hyuk itu.

Geon Joo menunggu Eun Hee di lingkungan rumah Eun Hee dan mengajaknya minum. Geon Joo mengatakan kalau ia ingin terus bersama Eun Hee, dan kalau ia sudah putus dari tunangannya. Geon Joo mengantar Eun Hee pulang dan berpesan, kalau ia pun ingin seperti Chan Hyuk, yang bisa mendengar apa pun yang Eun Hee ingin bicarakan. Geon Joo pun ingin Eun Hee merasa nyaman didekatnya.

Eun Hee memutuskan untuk pergi ke rumah Eun Joo. Eun Hee berterima kasih atas pemberian mobil Eun Joo dan bersedia menjadi supir untuk Eun Joo apabila diperlukan. Saat menjemput Eun Joo, Eun Joo terlihat tertawa bersama teman-temannya, Eun Hee heran melihat Eun Joo bisa membuat lelucon.

Di jalan, Sang Shik berhenti dan makan bekal yang dibuatkan Jin Sook. Sang Shik berhenti untuk mengambil foto-foto dari tempat dia beristirahat. Dan mengajak seluruh anggota keluarga mengikuti group WA ‘Kita adalah Keluarga’ sembari mengirim foto-foto yang ia ambil. Jin Sook menengok ibunya yang sakir dan Mr. Yo datang membawakan bunga.

Eun Hee selalu bertanya-tanya apa yang ayahnya pikirkan selama mengemudi sebegitu lama, 365 hari setahun, mengendarai di jalan yang sama berulang kali.

Tae Hyung tetap tidak bisa dihubungi. Eun Joo beranggapan kalau Tae Hyung sengaja mematikan telponnya, karena itu cara termudah (menghindari Eun Joo).

Ji Woo minta Chan Hyuk yang memberi tahu Eun Joo tentang apa yang Ji Woo dengar kalau Eun Joo bukan putri biologis Sang Shik. Kalai ini, Eun Hee yang tidak mau menjawab telp. Chan Hyuk.

Sang Shik bertemu dengan Man Ho. Man Ho berkata kalau Sang Shik jarang membicarakan masalah pribadinya. Man Ho juga memberi tahu kalau Sang Shik setuju akan ‘lulus dari pernikahan’. Sang Shik bingung apa artinya itu. Eun Joo menerima telp di pagi hari. Eun Joo dan Eun Hee bergegas pergi ke klinik. Akhirnya, Eun Hee menempel pemberi tahuan kalau klinik ditutup sementara, karena banyak pasien yang kecewa. Hyo Suk datang, melihat kertas pengumuman, melihat Eun Joo, dan berkata, ‘Pengecut!’, lalu pergi. Eun Hee merasa aneh melihatnya.

Ji Woo menghubungi Sang Shik yang sedang berada di Incheon dan berjanji  akan tiba di rumah malam ini. Ji Woo berkata kalau Jin Sook khawatir.

Eun Hee pulang kerja tepat waktu, Kyung Ok dan Geon Jee heran melihatnya. Ternyata, Eun Hee pergi ke café menjadi Hyo Suk. Hyo Suk sudah pergi ke kota Sorokdo di Goheung untuk urusan keluarga.

Eun Joo pergi menemui Mi Sook. Mi Sook mengajak Eun Joo makan malam bersama.

Sang Shik sudah sampai rumah dan memberikan Jin Sook karangan bunga, sambil berkata kalau ia sudah mengingat semuanya, semuanya. Sang Shik juga mengajak Jin Sook lulus dari pernikahan mereka sambil tersenyum.

Eun Hee melihat Tae Hyung dan Hyo Suk berdiri berdampingan.

Bersambung

Komentar aku: Hyo Suk pasangan Tae Hyung? Tapi kenapa Tae Hyung dingin, cenderung bersikap bermusuhan dengan Hyo Suk? Atau, Hyo Suk mengancam Tae Hyung? Errrr….

Aku mengerti sekarang sikap Eun Joo yang begitu dingin. Jin Sook tidak pernah memberi tahu kenapa dia membawa Eun Joo kabur, atau obat yang dia taruh di minuman saat kabur. Atau sikap Jin Sook yang selalu (dianggap Eun Joo) membela Eun Hee. Juga, Eun Hee yang tiba-tiba memutuskan hubungan saat Eun Joo keguguran. Yang paling menyakitkan mungkin pertengkaran Sang Shik dan Jin Sook saat Eun Joo membawa Tae Hyung ke rumahnya. Eun Joo memilih untuk menjauh dan mengurus masalahnya sendiri, tanpa melibatkan siapa pun. Sikapnya menjadi super dingin, tetapi mungkin dengan begitu, Eun Joo merasa dia bisa menghindari sakit hati dan/atau menyakiti hati keluarganya lebih dalam lagi.

Sekarang, kita punya banyak cara untuk berkomunikasi, gadget, sosmed, apps, dll… Tapi, sepertinya, apakah kita mau berkomunikasi dengan baik atau tidak, masih tidak terlalu banyak berubah. Oy…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: