My Unfamiliar Family Ep. 1 a

Pagi ini, Eun Hee mengirim email kantor dari rumah. Selesai berberes, Eun Hee menerima telpon berjanji akan sampai kantor pukul 9 tepat. Karena terburu-buru, Eun Hee tidak membalas telpon dari ibunya, Jin Sook. Baru setelah di mobil, Eun Hee menelpon dan kena marah ibunya, karena dianggap tidak pernah mau menjawab atau mencoba menelpon kembali.  Ayah Eun Hee, Sang Shik menggerutu dan menolak membawa sisa kimchi tua yang disiapkan Jin Sook untuk bekal naik gunung. Jin Sook akan mengabarkan berita hari ini dan minta agar Sang Shik tidak berpura-pura tidak tahu. Sang Shik menatap dengan marah dan meninggalkan rumah.

Saat hendak keluar rumah, putra bungsu, Ji Woo minta agar ayahnya tidak mengusir dia dari rumah. Tak lama lagi, Ji Woo akan dikontrak acara komedi, untuk itu Ji Woo minta ayahnya bersabar. Jin Sook minta Ji Woo menelpon Eun Hee untuk pulang malam ini, atau Jin Sook akan memutuskan hubungan keluarga dengan Eun Hee. Merasa bersalah, Eun Hee menepi dan mengirim text & gif untuk Jin Sook.

Di klinik kesehatan keluarga ‘Yoon Tae Hyung’, Eun Joo membawa seprai kotor untuk dicuci, meski Tae Hoon menyuruh menggunakan jasa kebersihan saja. Eun Joo bersikeras mencuci di Laundromat sendiri, karena dia juga tidak punya pekerjaan lain, kecuali mencoba menulis buku dengan computer di café. Tae Hyung minta agar Eun Joo tidak terlalu dekat dengan barista café, Hyo Suk, meski Eun Joo hanya menganggapnya sebagai adik kecil. Eun Joo mengguman kalau Tae Hyung sebetulnya tidak pernah mempedulikan Eun Joo.

Eun Hee terlambat 3 menit dan kena denda. Kyung Ok, bergosip kalau kantor pusat mengirim asisten manager baru yang sangat kompeten dan mengincar posisi Mr. Jung. Yang penting, mereka tidak kena imbasnya, agar muka tidak keriput karena keseringan marah-marah.

Chan Hyuk membuat video make up bersama teman-temannya, meski harus menggunakan teman sebagai model, karena belum sanggup membayar jasa artis professional. Jin Woo berkata kalau Eun Hee akan pulang hari ini, tapi Chan Hyuk minta Jin Woo tidak bercerita apa-apa tentangnya. Chan Yuk sudah 4 – 5 tahun ini tidak bertemu dengan Eun Hee.

Kyung Ok dan Eun Hee pergi ke kuil untuk bertemu dengan salah satu penulis yang bukunya akan mereka terbitkan. Eun Hee menyerahkan bahan interview untuk besok. Kyung Ok menawarkan diri ikut meditasi yang dipimpin penulis, terutama karena tahun ini sepertinya nasib baik tidak kunjung mendatanginya. Penulis berkata kalau meditasi bukan cara untuk menghilangkan nasib buruk. Penulis juga minta agar mereka mempelajari agama Budha dengan baik, agar bisa mengerti buku yang ia tulis.

Jin Sook dan Ji Woo sampai di rumah Eun Joo. Meski Ji Woo memuji kemewahan rumah itu, Jin Sook merasa rumah itu dingin, tidak mencerminkan kehangatan sebuah rumah tangga.

Di Laundromat, Hyo Suk membawakan Eun Joo termos berisi kopi hangat. Hyo Suk tahu kalau Eun Joo akan mulai minum kopi lagi. Itu sebabnya Hyo Suk sengaja membuatkan kopi untuk Eun Joo. Eun Joo meminjami Hyo Suk novel dan bertanya apakah Hyo Suk memberi tahu Tae Hyung pertemuan-pertemuan mereka? Hyo Suk mengatakan kalau Laundromat itu tempat umum, jadi kenapa harus berahasia?

Jin Sook menyuruh Ji Woo mengambil cucian Eun Joo. Saat Ji Woo pergi, Jin Sook menegur Eun Joo karena tidur terpisah yang akan menyulitkan Eun Joo untuk bisa mempunyai anak. Eun Joo minta ibunya berhenti membahas soal anak, apa memiliki tiga anak membuat perkawinan Jin Sook bahagia? Jin Woo masuk membawa cucian bersih dan bercerita kalau ayah mereka naik gunung (lagi) dan berencana menaklukkan Everest. Juga, Jin Woo sekarang bekerja untuk Chan Hyuk, teman kuliah Eun Joo. Jin Woo minta Eun Joo berbaikan dengan Eun Hee, sudah lima tahun mereka bermusuhan, sehingga pertemuan keluarga pun harus dilakukan terpisah. Sudah saatnya mereka berkumpul bersama lagi.

Jin Sook, Ji Woo dan Eun Joo menunggu Tae Hyung di café tempat Hyo Suk bekerja. Di sisi lain, Eun Hee tiba di apartemen orang tuanya, lalu masuk ke kamar Jin Sook. Eun Hoo memperhatikan kalau ibunya membaca buku-buku mengenai Community Welfare dan Volunteering. Seorang karyawan real estate masuk dan membawa dua peminat. Rupanya, Jin Sook akan menjual apartemen itu. Eun Joo kaget mendengarnya.

Di café, Jin Sook memberi tahu kalau Jin Sook dan Sang Shik akan berpisah, tapi tidak bercerai. Sang Shik sudah mengetahui hal itu dan menyetujuinya. Jin Sook tidak minta pengertian, persetujuan bahkan uang dari Eun Joo. Jin Sook merasa Eun Joo hanya memikirkan kepentingannya sendiri dan selalu berpihak pada Sang Shik, tanpa pernah berusaha mengerti Jin Sook. Merasa tugas memberi tahu sudah selesai, Jin Sook meninggalkan café, meninggalkan Eun Joo dan Ji Woo dengan kegalauan mereka masing-masing.

Di perkemahan, semua peserta sibuk memberikan pendapat tentang rencana perpisahan Sang Shik dan Jin Sook. Pendapat terbagi antara pro-Sang Shik vs pro-Jin Sook. Sang Shik menyuruh mereka berhenti dan makan daging yang ia masak. Apapun pendapat mereka, keputusan Sang Shik dan Jin Sook sudah bulat.

Di apartemen, Eun Hee berkata dia ada di pihak Jin Sook dan meminta ibunya melakukan sesuai kata hatinya. Eun Hee pamit pulang. Ji Woo mengejar Eun Hee, mereka berdua minum-minum di depan supermarket. Eun Hee menyalahkan Ji Woo yang tidak melihat tanda-tanda perpisahan orang tua mereka, pastinya mereka pernah bertengkar hebat. Ji Woo menyangkal, karena selama ini Jin Sook melakukan ‘silent treatment’ pada Sang Shik. Eun Hee tahu kalau Eun Joo pasti membuat segalanya menjadi rumit dan memihak Sang Shik. Ji Woo membenarkan, tapi Eun Joo juga berpikir kalau Eun Hee pasti akan memihak ibu. Ji Woo heran kenapa kedua saudarinya tidak saling berbaikan saja.

Chan Hyuk memergoki Seo Young memeriksa foto-foto lama Chan Hyuk dan menyuruhnya pulang. Malam ini, Chan Hyuk akan lembur mengedit video promosi make up mereka. Seo Yong mengeluh, upah yang mereka dapat tidak seimbang dengan kerja keras mereka.

Eun Joo mengirim text pada Eun Hee, Eun Joo akan mengurus Sang Shik dan Eun Hee bertugas mengurus Jin Sook. Tae Hyung melihat itu dan menyuruh Eun Joo menelpon Eun Hee saja, tetapi Eun Joo menolak. Tae Hyung pun meninggalkan Eun Joo pergi tidur.

Keesokkan paginya, Eun Hee menolak ikut bermeditasi bersama si penulis. Eun Hee tidak sedang dalam mood untuk melakukan retrospeksi, terlalu banyak masalah di dalam hidupnya. Penulis menawarkan untuk tidak usah bermeditasi, tetapi tetap ikut duduk saja. Seorang penerbit musti mengetahui inti dari karya penulis yang mereka promosikan.

Penulis menuntun peserta untuk bermeditasi dengan menarik dan membuang nafas serta kembali ke saat di mana hari terasa sangat panjang dan melelahkan. Tanpa disadari, Eun Hee terbawa pada saat itu, 10 Maret 2016. Eun Hee melihat ibunya menangis tersedu-sedu dan ayahnya pergi setelah marah-marah soal bekal makanan yang disediakan Jin Sook. Mungkin itu saat Jin Sook mulai memikirkan perceraian dan tidak lagi mengenakan cincin perkawinannya.

Bersambung

Komentar aku: drama keluarga sering membuat perasaan aku menjadi hangat. Dengan semua masalah, kebahagiaan, kenangan, dan jatuh bangunnya mereka. Di episode pertama ini, tokoh-tokoh utama digambarkan dengan jelas, dan bagaimana mereka mulai saling menjauh, terutama setelah anak-anak menjadi besar dan sibuk dengan keluarga dan/atau karir mereka masing-masing.

Episode pertama juga sudah langsung dimulai dengan satu peristiwa besar, ayah-ibu yang terlihat rukun tanpa masalah berarti, tiba-tiba memutuskan berpisah. Ditambah persoalan pribadi masing-masing. Eun Joo yang sepertinya bermasalah dengan Tae Hyung dan Ji Woo yang masih numpang tinggal bersama orang tuanya. Mereka dipaksa keluar dari ‘comfort zone’, area nyaman masing-masing pribadi. Aku bisa mengerti kenapa Eun Hee tidak ingin bermeditasi. Berat untuk melihat ke dalam, kalau kita merasa punya banyak masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: