Dinner Mate Ep. 1

Voice over… Aku memiliki adegan film favorit, adegan pembuka di ‘Breakfast at Tiffany’s’ yang dibintangi oleh Audrey Hepburn. Audrey turun dari taksi dan berjalan seolah dia menguasai seluruh dunia. Dia melihat ke toko perhiasan, menggigit croissant hangat dan meminum seteguk kopi’.

Aku menyukai adegan ini, karena dia makan seorang diri sambil menikmati keindahan perhiasan yang dipamerkan tanpa ada yang mengganggu. Saat itu, indra penglihatan, indra perasa dan keadaan jiwa orang tersebut akan berada dalam kombinasi yang paling ideal (untuk menikmati makannya).

Young Dong, kekasih Do Hee, menghampiri dan memanggil Do Hee. Membuyarkan Do Hee dari lamunannya. Mereka makan di restoran, memesan steak dan anggur. Saat akan makan, Young Dong memotongkan steak untuk Do Hee dan menambahkan lada hitam, yang akan menyamarkan bau daging.

‘Pasangan terkadang bisa menyulitkan, tetapi penting untuk menikmati waktu yang kita lewatkan bersama orang yang kita sayangi’.

Mereka berdua melanjutkan berjalan setelah makan malam. Do Hee berhenti sejenak di depan toko perhiasan. Young Dong memperhatikan Do Hee dan tersenyum.  ‘Terkadang kita perlu berkompromi untuk bisa menikmati makan malam sambil merasakan kehangatan dari kekasih kita. Dalam kehidupan nyata, kombinasi paling ideal bukan hal yang terpenting. Itu hanya membantu kita melalui hari-hari yang kita lewati’.

Sebuah motor melaju kencang di jalan raya diikuti dengan ketat oleh motor lainnya. Si pengemudi motor di depan masuk melalui jalan-jalan pasar dan menyebabkan orang panic berlarian menjauh. Sampai motornya menabrak mobil dan kemudian bangkit melarikan diri. Hae Kyung membuka helm dan berlari mengejar si pengendara dan setelah beberapa saat bertarung dan menaklukkan di pengendara, yang adalah pasien yang melarikan diri dari RSJ.

Do Hee menempati unit town house baru dan sedang menelpon ibunya, Sung Ja. Sung Ja melaporkan kalau ayah Do Hee pasti ada main dengan wanita lain, karena berdandan dan pergi tanpa pamit. Sung Ja mengingatkan Do Hee untuk langsung memutuskan Young Dong kalau dia berselingkuh, karena semua lelaki sama. Do Hee menjadi kesal dan memutuskan sambungan telpon. Do Hee menunggu telpon dari Young Dong dan mencoba menelpon, tetapi hanya tersambung pada voice mail. Do Hee mengirim text selamat ulang tahun pada Young Dong dan mencari resep masakan.

Pagi hari Do Hee datang ke kantor 2NBox yang sibuk membuat video berbagai macam kegiatan. Dari makan, main game, make up routine. Nam Ah Young, CEO 2N Box, sibuk melihat video yang diunggah dan memeriksa penonton yang melihat. Video makan meraih 100.000 penonton, nice! Do Hee menjelaskan kalau acara yang dia buat itu norak dan bebal, juga Do Hee tidak pernah membuat masalah dengan acaranya. Itu sebabnya penonton menyukai acara yang Do Hee buat. Karena itu, Do Hee yakin bisa pergi liburan meski sekarang adalah bulan sibuk. Ah Young mengatakan kalau hari ini dia akan memantau acara Do Hee.

Acara Do Hee, ‘Berbuatlah Sesuka Mu’ telah dimulai. Pembawa acara Jjoda Man mengundang penonton yang diputuskan oleh pacar yang berselingkuh. Mereka akan minum di siang hari sambil bergosip tentang ex-pacar itu. Tamu hari ini, Ma Ya. Jjo Man dan Ma Ya mulai minum miras. Ma Ya yang mulai mabuk, meracau tentang si-ex dan mulai melempar-lempar makanan, memaki-maki dan menjambak rambut. Ah Young menyuruh menghentikan acara, tetapi Do Hee menolak. Penonton mencapai 100.000 dan Ma Ya mulai melemparkan makanan pada seluruh anggota crew. Salah satunya, semangkuk mie, menimpa Ah Young.

Ah Young menegur Do Hee di ruangannya. Acara seperti itu, bisa membuat mereka di-blok. Do Hee tidak percaya, karena penontonnya sudah sampai 100.000 dan mengingatkan kalau mereka membuat 2N Box karena tidak ingin mengikuti norma ‘kenormalan’ yang ada di masyarakat. Sebelum Ah Young bisa berkata lain, Do Hee buru-buru melarikan diri dan pergi ke pulau Jeju.

Lee Byung Jin, asisten Hae Kyung, sibuk menolak permintaan interview. Byung Jin tidak mengerti kenapa Hae Kyung menolak muncul, semua criteria Hae Kyung melebihi standard: tampan, cerdik, pandai berbicara. Apa Hae Kyung punya hutang pada rentenir atau punya banyak ex-pacar yang ingin membunuhnya? Hae Kyung hanya tidak ingin. Hae Kyung akan pergi ke Jeju minta agar Byung Jin tidak terlupa menjemputnya sore ini di bandara.

Do Hee berkata pada teman baiknya, Im So Ra, kalau Do Hee akan ke Jeju untuk memberi kejutan pada Young Dong. Sepertinya, Young Dong akan melamar Do Hee, karena minggu lalu Young Dong mengirimkan gambar cincin pada Do Hee. Do Hee yang sedang di langit ketujuh, mengabadikan semua kegiatannya begitu sampai di bandara. Do Hee ingin ini menjadi kenangan manis bagi calon anak-anaknya. Do Hee semakin merasa beruntung, saat tempat duduknya dinaikkan ke business class.

Do Hee tidak berhenti mencoba semua tombol yang ada dikursinya. Do Hee meminta Eun Seo, salah satu pramugari, mengucapkan selamat padanya dan akan direkam. Eun Seo setuju. Do Hee meminta Hae Kyung untuk mengucapkan selamat padanya, dan ditolak dengan sukses.

Di Bandara, mobil sewaan Do Hee pun diganti menjadi mobil yang lebih mewah, karena menggunakan kupon. Do Hee tidak percaya pada keberuntungannya. Do Hee pergi ke supermarket dan sibuk membeli bahan makanan untuk Young Dong.

Hae Kyung sampai di restoran tempat ia bertemu dengan salah satu pasiennya, Park Geun Hee. Hae Kyung mengamati seluruh gerak-gerik Geun Hee dengan seksama dan menawarkan kombinasi makanan untuk menaikkan mood si pasien. Do Hee sampai di restoran yang sama. Saat menaiki tangga, Do Hee mendengar suara wanita tertawa dan melihat ruangan yang telah dihias dengan apik. Saat Do Hee melihat Young Dong mencium si wanita, ia seperti tenggelam ke lautan terdalam. Do Hee menjatuhkan kantong belanja. Wanita yang dicium Young Dong adalah Eun Seo.

Eun Seo bertanya ke Young Dong, bukankah Young Dong berjanji akan memutuskan Do Hee?  Do Hee berteriak dan meminta penjelasan dari Young Do, tidak lupa memberikan tamparan. Disaksikan seluruh isi restoran. Eun Seo memanas-manasi dengan mengatakan kalau Do Hee boleh menjambak rambutnya, atau menulis surat makian, atau minum sikhye dan pergi. Hae Kyung mengenali Do Hee dan Eun Seo.

Seluruh pengunjung berkumpul di dekat ruang Do Hee. Do Hee minta penjelasan yang masuk akal dari Young Dong. Young Dong mengatakan kalau dia sendiri tidak mengetahui sejak kapan dia tidak lagi mencintai Do Hee. Yang lebih buruk lagi, Young Dong mulai membenci makan berdua dengan Do Hee. Makan bersama Do Hee menjadi satu keterpaksaan, bukan lagi hal yang menyenangkan. Gambar cincin itu tidak sengaja terkirim ke Do Hee. Young Dong meminta maaf.

Do Hee menyamakan Young Dong dengan ujung acar lobak. Ujung akar lobak bisa dipotong dan dijadikan penyedap, tapi yang ini tidak berguna. Jadi harus total diputuskan saja. Do Hee mengambil botol sampanye karena dia akan berpesta telah membuang sampah seperti Young Dong, Eun Seo dipersilahkan menikmati (sampah) itu.

Beberapa langkah menuju mobilnya, Do Hee jatuh terduduk. Geun Hee  menanyakan apakah Do Hee akan baik-baik saja. Hae Kyung mengatakan kalau beberapa saat, Do Hee akan baik-baik saja. Geun Hee  menyuruh Hae Kyung mengejar Do Hee untuk memastikan Do Hee selamat. Kalau Do Hee baik-baik saja, Geun Hee merasa dia pun mengalami kemajuan dan akan baik-baik saja. Hae Kyung mengejar Do Hee, diiringi tepukan selamat seluruh tamu restoran. Do Hee menyetir dengan sangat kencang dan mengatakan kalau di hari ‘keberuntungan’ ini sebaiknya dia sekalian beli lotere, pasti menang. Pemgemudi taksi yang ditumpangi Hae Kyung bertanya kesalahan seperti apa yang dilakukan Hae Kyung sampai pacarnya lari seperti itu? Dan membuat list dari semua pertengkaran pasangan yang pergi ke Jeju, dia telah menjadi supir taksi selama 26 tahun, pastinya semua penyebab pertengkaran telah dia ketahui.

Do Hee berdiri di tepi laut, terpaan angin membuatnya terhuyung-huyung. Do Hee mengelak saat Hae Kyung yang mengira Do Hee hendak meloncat ke laut, berlari mendekati dirinya. Membuat Hae Kyung jatuh ke laut. Do Hee menyelamatkan Hae Kyung. Hae Kyung tersadar, berdiri dan mulai melihat segalanya menjadi dua. Do Hee membawa Hae Kyung ke RS dan dokter mengatakan kalau Hae Kyung terkena gegar otak ringan dan boleh pergi kalau sudah sadar nanti.

Hae Kyung sadar dan ketinggalan pesawat. Do Hee membelikan pakaian yang biasa dipakai lansia, karena hanya itu yang ada di toko di RS, karena pakaian Hae Kyung basah air laut. Do Hee menawarkan diri mengantarkan Hae Kyung ke bandara, sebagai permintaan maaf karena salah mengartikan perbuatan Hae Kyung dan membuatnya gegar otak ringan.

Do Hee akan kembali ke Seoul besok, dia mengantarkan Hae Kyung karena khawatir. Dokter mengingatkan kalau Hae Kyung sampai jatuh lagi, akan berakibat fatal baginya. Hae Kyung berterima kasih dan memberikan pesan bahwa kalau ada hal buruk terjadi, orang cenderung berpikir hanya dirinya yang paling malang. Tolong jangan berpikir seperti itu. Kebahagiaan mempunyai mata, tetapi ketidak bahagiaan tidak. Ketidak bahagiaan akan menemui siapa pun, tanpa melihat-lihat siapa yang dia pilih.

Dalam bandara, Hae Kyung secara tidak sengaja mendengar Eun Seo menyebut Do Hee sebagai batu kerikil yang dan merusak mood Eun Seo. ‘Batu kerikil?’, pikir Hae Kyung. Hae Kyung mengingat semua ucapan yang dikatakan Do Hee saat Do Hee berpikir Hae Kyung masih pingsan. Do Hee merasa hatinya tersakiti. Tidak peduli berapa lama atau berapa dalam seseorang mencintai, putus hubungan itu benar mematahkan hati. Ditinggalkan sendiri, sangat membuat hati terluka. Hae Kyung teringat saat dia putus dengan kekasihnya. Kekasihnya menuduh Hae Kyung terbiasa ditinggal sendiri, itu sebabnya dia tidak menunjukkan emosi sama sekali.

Do Hee membuka pintu mobil, Hae Kyung berdiri di sisi mobil. Hae Kyung bertanya, apakah Do Hee mau menemaninya makan malam?

Bersambung

Komentar aku: OK, adegan makan steak, tetapi kenapa anggur putih yang diminum ya? Tapi, kalau suka sekali dengan rasa anggur putih, siapa yang berhak protes? Aku sendiri suka anggur merah muda/rosé wine. Aku mengerti kekesalah Do Hee pada ibunya. Siapa juga yang suka didoakan pasangannya selingkuh? Episode ini cukup kuat memberikan latar belakang beban mental yang ditanggung Do Hee. Untuk Hae Kyung, masih sepotong kecil.

Ini hal pertama yang aku suka dari Do Hee. Meski keras kepala dengan mempertahankan acara yang, bagi aku pribadi, tidak lucu, tapi bersikap tegar saat mengetahui Young Dong menduakan, bahkan bertunangan dengan Eun Seo dan membenci makan malam bersamanya, plus menerima penjelasan Hae Kyung untuk insiden di tepi laut.

Aku baru tahu kalau ada pekerjaan sebagai psikiater nutrisi gara-gara menonton drama ini. Oy… sekarang semuanya ada specialisasi ya. Juga, perkerjaan Do Hee sebagai produser digital content itu mengingatkan aku akan K-drama yang juga asyik ditonton, Search: WWW. Mudah-mudahan terus bagus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: